80 Kasus Baru Penderita HIV-AIDS di Mimika, Seluruhnya Dari Wilayah Kota

Bagikan Bagikan
(Foto:Ilustrasi)

SAPA (TIMIKA) - Penanggung Jawab Program HIV-AIDS Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Yoan Tauran mengungkapkan, temuan kasus baru HIV-AIDS di Kabupaten Mimika sejak Januari-Maret 2021 sebanyak 80 kasus.

Yoan mengatakan, dari 80 kasus tersebut, 40 orang di antaranya merupakan penderitaan HIV dan 40 orang lainnya merupakan penderita AIDS, serta secara keseluruhan kasus HIV-AIDS dilaporkan dari Puskesmas yang ada di wilayah kota.

"Dengan adanya temuan kasus baru tersebut, secara kumulatif kasus HIV-AIDS sejak ditemukan kasus awal di Timika tahun 1996 hingga Maret 2021 sebanyak sebanyak 6.444, atau secara terpisah penderita HIV sebanyak 3.271 dan penderita AIDS sebanyak 3.173," ujar Yoan kepada Salam Papua, Jumat (11/6/2021).

Menurut dia, temuan 80 kasus baru HIV-AIDS dominan berjenis kelamin perempuan dengan total 43 sedangkan laki-laki sebanyak 37, dan jalur penularan lebih banyak melalui jalur hubungan seksual.

"Kasus HIV-AIDS di Timika ada juga berumur 15 tahun, akan tetapi rata-rata berusia 20 hingga 34 tahun,"  ungkapnya.

Dijelaskan, temuan kasus menurut status perwakilan lebih dominan bagi mereka yang sudah menikah dengan total sebanyak 46 sedangkan yang belum menikah sebanyak 27.

Beberapa kasus HIV-AIDS juga disertai infeksi menular seksual (IMS) atau sipilis. Dari laporan penderita  HIV disertai sipilis berjumlah 26 orang, orang dengan AIDS yang positif sipilis sebanyak 27.

"Sipilis ini memang harus ditangani cepat. Jika tidak, akan berpotensi HIV dan AIDS. Ketika ada gejala segera periksakan diri di Puskesmas terdekat, dan pencegahan itu hanya menggunakan kondom dan tidak gonta-ganti pasangan," terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar