Banyak Bangunan Pasar Tradisional di Timika Mangkrak, Ada yang Masih Bermasalah Lahan

Bagikan Bagikan
Beberapa pasar tradisional yang telah dibangun namun belum juga digunakan (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Banyak bangunan pasar tradisional di Timika yang telah dibangun Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mangkrak lantaran tidak digunakan oleh masyarakat.

Plt Kepala Disperindag Kabupaten Mimika, Petrus Pali Ambaa mengatakan, beberapa pasar tradisional yang telah dibangun pada beberapa titik seperti di Mapurujaya, Sp4, Sp7, Sp5, Sp2 dan Kuala Kencana, belum ditempati lantaran masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu seperti masalah lahan.

Ia juga mengungkapkan, sebagian pasar tradisional yang sudah dibangun telah dirusak warga sekitar.

“Pasar-pasar tradisional yang sudah ada kita akan benahi satu per satu, tapi yang akan menjadi fokus kita adalah pasar Mapurujaya, dan mungkin itu hanya sebatas pembersihan saja atau masih ada pembangunan lainnya kita belum tahu,” ujarnya, Kamis (10/6/2021).

Sedangkan pasar Sp4, Petrus mengaku belum bisa digunakan lantaran lahan tersebut masih bermasalah.

“Kemungkinan pasar Sp4 itu akan dibayarkan dan itu belum pasti juga, sementara pasar di Sp7 beberapa fasilitas sudah dirusak masyarakat, dan masyarakat juga tidak ingin berjualan di sana,” terangnya.

Menurut dia, seharusnya bangunan tersebut tidak selalu menjadi tanggung jawab dan pengawasan Disperindag, melainkan menjadi perhatian pemerintahan setempat seperti Distrik dan Kampung.

“Jadi masalah pasar tidak selamanya menjadi tanggung jawab Disperindag, baik dari pengawasan juga anggaran, tapi menjadi perhatian bersama, dan akibatnya bangunan-bangunan tersebut harus mangkrak dan tidak terawat,” ungkapnya.

Sementara itu terkait, pasar kuliner, Petrus mengatakan bahwa Disperindag belum bisa memastikan kapan akan dioperasikan kembali, karena selain belum ada keputusan dari Satgas Covid-19, juga masih terdapat pembenahan di dalam pasar tersebut.

“Kita sementara bangun fasilitas pendukungnya, seperti Listrik, Air Bersih termasuk penataan tempat bagi pengunjung. Kita juga berharap pasar kuliner segera dioperasikan, karena itu menjadi salah satu ikon untuk membangun kembali ekonomi masyarakat,” tuturnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88E titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88E titik com paling best ya guys...

    BalasHapus