Bupati Omaleng Geram, Berhentikan Semua Aktivitas PON XX di Mimika

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE,MH (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) – Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE,MH geram dan menghentikan semua aktivitas yang berhubungan dengan persiapan pelaksanaan PON XX Papua di Mimika karena hingga kini belum ada kepastian anggaran.

Itu ditegaskan Bupati Eltinus Omaleng dalam rapat evaluasi bersama para Koordinator Bidang Sub PB PON XX Klaster Mimika di Aula Pertemuan Kantor Sekretariat Sub PB PON Mimika, Senin (7/6/2021)

Bupati Omaleng menegaskan agar tidak ada pelayanan PON XX Papua dan segala aktivitasnya di Mimika, termasuk tidak melayani PB PON XX Papua maupun yang dari Pusat hingga adanya kepastian terkait penganggarannya. Menurut dia, sesuai permintaan kebutuhan dana Klaster Mimika besar sekitar Rp 500 M, tapi anggaran yang diberikan PB PON kepada Sub PB PON Mimika hanya sebesar Rp 78  Miliar.

Dalam rapat evaluasi bersama para Koordinator Bidang Sub PB PON XX Klaster Mimika yang digelar di Aula Pertemuan Kantor Sekretariat Sub PB PON Mimika, Senin (7/6/2021), Omaleng mengatakan, ini merupakan rapat yang terakhir dan tidak ada lagi aktivitas layanan untuk PON XX Papua.

Dirinya geram lantaran kesiapan Mimika sejauh ini sudah sangat siap namun hingga saat ini belum ada titik terang terkait sumber dana untuk penyelenggaraan PON XX Papua.  Menurutnya, seharusnya sudah ada informasi berapa hak yang diperoleh atau diberikan kepada Mimika.

"Semua aktivitas dihentikan walaupun akan datang tim PB PON XX maupun semua pihak terkait PON, Mimika tidak boleh melayani," ungkap Bupati Omaleng melalui rilisnya yang diterima Salam Papua.

Bupati membeberkan, pembangunan Venue Aero Modeling dan Terbang Layang yang sementara dikerjakan itu bukan bersumber dari anggaran PON namun bersumber dari anggaran otonomi khusus (Otsus) yang dikucurkan kepada Pemerintah Kabupaten Mimika.

"Sekarang ini semua OPD bekerja seperti biasa dan bukan untuk PON, selama ini juga upaya pembangunan yang dilakukan Kabupaten Mimika, tidak pernah ada kucuran dana PON padahal PB PON memiliki anggaran sebesar Rp 2 Triliun," kata Omaleng.

Dia menyampaikan, Mimika terlalu fokus untuk pelaksanaan PON sampai-sampai beberapa kegiatan yang urgen harus ditinggalkan seperti pelaksanaan perubahan anggaran, tapi ujung-ujungnya tidak sesuai harapan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Eltinus Omaleng juga meminta Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mimika, Roberth Mayaut, untuk tidak melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan PON. Bahkan ia perintahkan agar menghitung semua yang sudah dikeluarkan dari sumber dana APBD Kabupaten Mimika untuk semua jenis tambahan terkait dukungan untuk infrastruktur PON XX Papua di Klaster Mimika.

Ia juga menegaskan, jika ingin pelaksanaan berjalan lancar dan PON di Papua Sukses, maka semua venue yang ada di Mimika harus disewa.

"Kalau PB PON XX Papua mau pakai silahkan saja tetapi harus menyewanya. Jadi kita tunggu saja sampai mereka kasih kita lampu hijau dan mulai sekarang rapat ini jangan pusingkan lagi soal PON XX, nanti setelah PB PON XX Papua benar-benar menghibahkan (anggaran)," tuturnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar