Dapat Menekan Angka Kriminalitas di Mimika, Pos PEKA Akan Jadi Role Model di Indonesia

Bagikan Bagikan
Salah satu Pos PEKA di Mimika (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Kasubag Bin Ops Polres Mimika, AKP Ahmad Dahlan mengungkapkan Pos Peduli Keamanan (PEKA) yang saat ini berjumlah 104 ternyata dapat menekan angka kriminalitas di Mimika dan akan menjadi role model di Indonesia.

Dia mengatakan, dari jumlah angka kriminalitas di Timika yang dilaporkan kepada Polres Mimika didominasi kasus pencurian, dimana pada triwulan pertama terjadi 63 kasus pencurian dan pada triwulan kedua berjumlah 30 kasus.

Menyusul kasus penganiyaan, dimana pada triwulan pertama dan kedua kasus penganiyaan yang dilaporkan atau yang diterima Polres Mimika sebanyak 30 kasus.

“Ini adalah jumlah kasus yang terlapor, mungkin lebih banyak kasus penganiyaan namun tidak dilaporkan,” ungkap AKP Ahmad, Selasa (29/6/2021).

Kasus pengeroyokan juga meningkat. Polres Mimika mencatat pada triwulan pertama terjadi 15 kasus pengeroyokan, sedangkan pada triwulan kedua tercatat 14 kasus.

Polres Mimika juga mencatat 11 kasus jambret pada triwulan pertama dan 11 kasus di triwulan kedua.

“Jambret ini paling banyak terjadi di sore hari, dan ini menjadi perhatian semua elemen masyarakat, karena yang menjadi incaran para jambret adalah kelompok-kelompok rentan seperti ini ibu-ibu,” terangnya.

Secara kumulatif angka kriminalitas di Timika pada triwulan pertama tahun 2021 sebanyak 243 kasus, sedangkan pada triwulan kedua menurun hingga 144 kasus.

Menurunnya angka kriminalitas tersebut, lanjut dia, karena adanya Pos Peduli Keamanan (PEKA) yang kini menjadi keunggulan Polres Mimika, yang selain dapat menjaga keamanan bagi lingkungan sekitar, ternyata juga dapat menekan angka kriminalitas di Timika.

Pos PEKA dibangun dengan harapan ada kepedulian masyarakat untuk menjaga keamanan di lingkungannya, dan saat ini ada sebanyak 104 pos PEKA yang tersebar di Timika.

“Pos PEKA kini menjadi keunggulan Polres Mimika dan akan menjadi role model di Indonesia,” tutur AKP Ahmad. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar