Dewan Kritisi Kebijakan Dinas Koperasi dan UKM Datangkan Noken dari Luar Mimika Untuk Souvenir PON

Bagikan Bagikan

Nurman Karupukaro (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) – Anggota DPRD Mimika, Nurman Karupukaro mengkritisi kebijakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Mimika yang akan mendatangkan noken dari luar Timika untuk souvenir PON XX.

Menurut Nurman, souvenir PON XX khususnya di Mimika ada baiknya merupakan hasil produksi dari masyarakat lokal.

“Kalau mendatangkan souvenir PON dari luar Timika itu kurang baik karena masyarakat di sini punya kemampuan memproduksi noken dan souvenir,” ujar Nurman kepada Salam Papua di Timika, Selasa (15/6/2021).

Jika pertimbangannya terkait kualitas, maka perlu dipahami bahwa noken yang dianyam atau dirajut masyarakat lokal, baik masyarakat pantai maupun pegunungan merupakan ciri khas dan bagian dari kearifan lokal di Kabupaten Mimika.

Apalagi seperti yang dlihat selama ini banyak sekali masyarakat asli Papua di Mimika yang bekerja sebagai pengrajin noken dan sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari dari hasil menjual noken.

Dia menegaskan, dalam perhelatan PON XX ini, masyarakat Papua khususnya Mimika harus menunjukan kearifan lokal melalui produksi souvenir lokal dan pangan lokal, sehingga OPD-OPD terkait yang menangani hal ini harus berupaya membimbing dan membina masyarakat Mimika untuk memproduksi pangan dan souvenir yang berbasis kearifan lokal.

“Jadi keanekaragaman kearifan lokal di Timika ini harus benar-benar diekspos saat perhelatan PON ini,” tegasnya.

Ia mengatakan, seluruh masyarakat Mimika harus merasakan keuntungan dari kegiatan PON ini.

“Jangan buat masyarakat di luar yang justru merasakan keuntungan dari PON ini,” tuturnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. KAMI PENGGIAT UMKM MIMIKA SIAP MELAWAN KADISKOPUMKM MIMIKA.

    BalasHapus
  2. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua kebenaran, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan website ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi korban dari cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk menceritakan kisah tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberi tahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang Allah kirimkan untuk mengubah hidup saya,  mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lainnya yang Anda lihat di sini online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammers, bagaimana bisa satu perusahaan memberikan pinjaman?, itu harus menjadi pertanyaan pertama Anda orang-orang saya.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda atas nama Allah, bahwa saya mengatakan yang sebenarnya, ALL GLOBAL GRANT LOAN, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang dipersyaratkan.

    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi  mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan keuangan Anda dan untuk meningkatkan tingkat hidup Anda, ini EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di EMAIL saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi kisah kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    EMAILPerusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Perusahaan :   +1(301)971-444
    Email Saya:  fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus