Dinas Pertanahan Mimika Siap Bebaskan Lahan 30 Hektare

Bagikan Bagikan
Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika bertemu dengan para pemilik lahan di Puspem Pemkab Mimika (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika, Yunus Linggi mengungkapkan, lahan seluas 30 hektare (Ha) yang saat ini sedang dibangun Venue Aeromodeling yang juga direncanakan untuk membangun Stadion Sepakbola, di jalan poros sp5 itu siap dibayarkan tahun 2021.

"Lahan tersebut dibayarkan dalam 2 tahap. Tahap pertama sebesar 12,5 Hektare, sementara tahap kedua sebesar 17,5  hektare total 30 hektare," ungkap Yunus saat ditemui di Puspem Kabupaten Mimika, Senin (7/6/2021).

Yunus mengatakan, sebelum dilakukan pembayaran, tim akan terlebih dulu menghitung appraisalnya atau taksiran nilainya. Setelah ada appraisalnya baru akan dilakukan pembayaran.

Sambungnya, tahap pertama sudah diumumkan, selanjutnya tim appraisal turun untuk melakukan penilain.

"Kalau untuk tahap kedua masih dalam  persiapan dan perencanaan, selanjutnya tim appraisal melakukan penilaian. Setelah ada hasil appraisalnya baru Dinas Pertanahan akan melakukan pembayaran sesuai dengan perhitungan appraisal tersebut," tambah Yunus.

Ia menerangkan, setiap pengadaan tanah harus melalui perencanaan, karena jika tidak, akan melanggar aturan.

Pembayaran lahan tersebut telah ada dalam dokumen perencanaan anggaran tahun 2021, sehingga Dinas Pertanahan akan membebaskan lahan tersebut hingga akhir tahun 2021.

"Lahan itu harus dibayarkan dalam tahun 2021. Kami tidak ingin lagi ada beban pekerjaan apalagi hutang, dan hari ini kita sudah ketemu para pemilik lahan untuk bicarakan terkait lahan yang akan dibebaskan," tutupnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar