Dinkes Mimika Tidak Beri Arahan Puskesmas Timika Jaya Berhentikan Sementara Penerbitan Surat Rapid Antigen

Bagikan Bagikan

Kadinkes Mimika, Reynold Ubra (kiri) dan Kepala Puskesmas Timika Jaya, Maria Y. Rahangiar,SKM.,M.MKS (kanan) (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Reynold Ubra tidak mengetahui bahkan sama sekali tidak memberi arahan untuk Puskesmas Timika Jaya menerbitkan surat pemberitahuan pemberhentian sementara penerbitan surat rapid antigen.

“Saya ragu dengan surat ini, kop surat tidak pakai logo Puskesmas yang warna hijau palang hijau dan segi enam itu, karena Puskesmas sudah terakreditasi. Dari Dinkes juga tidak ada arahan, jadi pelayanan Rapid ini jalan seperti  biasa,” ungkap Reynold saat ditemui Salam Papua di Kampung Utikini Baru SP12, Distrik Kuala Kencana, Mimika, Kamis (24/6/2021).

Ia mengatakan, untuk lebih jelas bisa dicek langsung ke fasilitas kesehatan karena selain pengadaan dari Dinkes alat rapid antigen juga merupakan bantuan dari Dinkes Provinsi Papua.

“Pergi ke fasilitas kesehatan dan tanya ada berapa ribu alat rapid antigen yang tersedia karena selain pengadaan dari Dinkes Mimika, untuk program alat rapid antigen ini juga ada yang bantuan dari Dinkes Provinsi,” kata Reynold.

Surat yang dimaksudkan tersebut dengan kop bertuliskan Pemerintah Kabupaten Mimika, Dinas Kesehatan, Puskesmas Timika Jaya, disertai dengan logo Pemkab Mimika.

Perihal surat dengan nomor surat 445/208/PKM TJ/VI/2021 mengenai pemberitahuan pemberhentian sementara penerbitan surat rapid antigen.

Surat itu ditujukan kepada Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas 3 Biak di Timika.

Isi surat tersebut menyatakan sehubungan dengan adanya penyalahgunaan surat rapid antigen untuk pelaku perjalanan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, maka diinformasikan bahwa untuk sementara Puskesmas Timika Jaya tidak melakukan rapid antigen/antibodi, dan tidak mengeluarkan surat sehat bagi pelaku perjalanan masyarakat umum dari tanggal 24 Juni 2021 sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

Apabila ke depan ada masalah di bandara atau pelabuhan, bisa mengonfirmasi atau menghubungi Nomor HP 081381409303 (Kepala Puskesmas Timika Jaya), atau nomor HP 081328064148 (Kepala Tata Usaha Puskesmas Timika Jaya).

Surat tersebut tertanggal 21 Juni 2021 dan yang menandatanagi Kepala Puskesmas Timika Jaya, Maria Y. Rahangiar, SKM., M.MKS.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Timika Jaya, Maria Y. Rahangiar,SKM.,M.MKS, saat dihubungi via telepon seluler tadi sore mengaku memang betul dirinya yang mengeluarkan surat tersebut.

“Kami sementara tidak layani surat rapid (antigen) untuk perjalanan dulu karena ada penyalahgunaan surat rapid di Bandara. Makanya saya suruh tutup tidak boleh layani dulu sampai waktu tertentu saya akan membuka kembali,” ujarnya.

Ia mengatakan, terkait penyalahgunaan surat rapid ini ia mau memanggil pihak Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika.

“Makanya pihak bandara mau saya panggil supaya kami bisa mendapat penjelasan ini,” ujarnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar