Ditjen Pothan Kemenhan Pantau Langsung Rekrutmen Komcad di Timika

Bagikan Bagikan
Ditjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Brigjen TNI Fahrid Amran,S.H saat memantau kegiatan perekrutan Komponen Cadangan (Komcad) di Kodim 1710/Mimika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Ditjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Pothan Kemhan), Brigjen TNI Fahrid Amran,S.H memantau langsung kegiatan perekrutan Komponen Cadangan (Komcad) di Kodim 1710/Mimika, Selasa (15/6/2021).

Ditemui wartawan di sela-sela kegiatan, Brigjen TNI Fahrid Amran menjelaskan, perekrutan Komcad tersebut berdasarkan Undang-undang nomor 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan Negara. 

Kemudian dijabarkan lagi dengan Peraturan Pemerinrah nomor 3 tahun 2021 yang mengatur tentang pelaksanaan dari Undang-undang nomor 23 tahun 2019.

“Salah satu sumber daya nasional yang akan dikelola yaitu sumber daya manusia atau warga negara. Jadi berdasarkan Undang-undang dan Peraturan Pemerintah yang telah disahkan, kita dari Kemenhan membuat peraturan teknis melalui Peraturan Menteri Pertahanan nomor 3 tahun 2021 tentang pembentukan, penetapan dan pembinaan untuk komponen cadangan. Sehingga dengan aturan tersebut kita melaksanakan dan membentuk komponen cadangan terutama warga negara dan dilakukan di seluruh Nusantara,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam situasi pandemi Covid-19 dan keterbatasan anggaran karena lebih banyak untuk mengatasi masalah kesehatan dan pemulihan ekonomi negara, sehingga perekrutan dibatasi hanya 2.500 orang untuk tahun 2021 ini.

“Kita utamakan di Pulau Jawa tapi ada kebijakan juga di Papua khususnya di Timika,” terangnya.

Ia mengungkapkan, tujuan perekrutan Komcad adalah memperkuat pertahanan Negara. Di saat Negara membutuhkan, mereka dimobilisasi untuk membantu TNI dengan kemampuan dasar militer yang sudah mereka miliki.

“Jadi mereka yang memperkuat dan memperbesar TNI sebagai komponen utama di saat Negara menghadapi ancaman,” paparnya.

Dijelaskan, setelah dilaksanakan seleksi dan memenuhi syarat calon anggota Komcab, akan mengikuti pelatihan dasar kemiliteran yang dilaksanakan selama 3 bulan di Malang, Jawa Timur.

“Jadi setelah tiga bulan, mereka dilantik jadi anggota Komcad untuk pertahanan Negara, setelah itu mereka dikembalikan ke pekerjaan mereka masing-masing,” ujarnya.

Setelah dilantik, setiap tahun akan dilakukan pembinaan bela Negara. Anggota Komcab akan menggunakan seragam militer dalam masa aktif.

“Masa aktifnya itu saat pelatihan dasar militer selama tiga bulan dan pembinaan selama 12 sampai 90 hari setiap tahun. Saat itu ia menggunakan seragam dan senjata militer,” ungkapnya.

Dia mengatakan, anggota Komcab dibutuhkan jika ada ancaman dari Negara asing, maka pengerahan mobilisasi ada di tangan Presiden atas persetujuan DPRD baru mereka bisa digunakan.

Selama mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar militer, para anggota Komcab mendapatkan hak antara lain uang saku, makan, perlengkapan militer mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala, berlatih menembak, mendapat perawatan kesehatan dan jaminan keselamatan jika ada ancaman kecelakaan atau kematian.

“Jadi di Timika tidak ada tempat pelatihan khusus sehingga kita akan bawa mereka ke Jawa untuk mengikuti pelatihan di Malang,” ujarnya. 

Ia pun mengaku sangat puas dengan kegiatan rekrutmen Komcab di Timika karena secara sukarela mau membela Negara.

“Jadi siapapun yang sudah bekerja dan mengikuti Komcab tidak boleh dipecat dari pekerjaannya, yang mahasiswa tetap harus mendapatkan hak akademis, itu amanat Undang-undang dan Peraturan Pemerintah,” ungkapnya.

Sesuai data yang dihimpun Salam Papua, jumlah calon Anggota Komcad saat ini sebanyak 212 orang dengan rincian putra asli daerah Papua 119 orang dan non putra asli daerah Papua 93 orang. Dari jumlah ini, yang sebagai ASN di lingkup Pemkab Mimika sebanyak 6 orang.

Rencananya besok para calon Anggota Komcab berangkat ke Pulau Jawa untuk mengikuti latihan dasar kemiliteran.

Pantauan wartawan media ini, tampak sejumlah Anggota TNI memberikan pengarahan dan latihan dasar baris berbaris serta menyemangati calon Anggota Komcab tersebut. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar