HUT Bhayangkara Ke-75 Polri Gelar Vaksinasi Serentak Se-Indonesia, di Mimika Diberikan Kepada 1000 Warga

Bagikan Bagikan

Salah satu titik pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat di Mapurujaya Mimika (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-75 pada 1 Juli 2021 mendatang, Polri melakukan kegiatan bakti sosial (baksos) vaksinasi covid-19 secara serentak di seluruh Indonesia, secara khusus Polres Mimika bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dan Kodim 1710/ Mimika memberikan vaksinasi kepada 1.000 warga Mimika, Sabtu (26/6/2021).

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Mimika tersebut digelar di enam titik yakni di Polsek Mimika Baru, Koramil Kota Timika, Polsek Kuala Kencana, Koramil Kuala Kencana, Koramil Mapurujaya dan Pos Peka Kadun Jaya KM 10.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti G. Era Adhinata menjelaskan, kegiatan tersebut digelar serentak di seluruh Indonesia dan ditargetkan satu juta orang perhari, sementara setiap daerah ditargetkan 1000 orang perhari.

Kegiatan vaksinasi ini diperintahkan langsung oleh Kapolri melalui surat telegram nomor STR/458/IV/osp 2/2021 tanggal 10 Mei 2021 tentang percepatan dan kesuksesan pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan  Surat telegram Karo OPS Polda Papua nomor STR /335/VI OPS 2/2021 tanggal 21 Juni 2021 tentang Polda Papua akan melaksanakan vicon terkait pelaksanaan vaksinasi covid-19 massal secara serentak pada tanggal 26 Juni 2021.

Menurutnya masyarakat Mimika sangat antusias untuk disuntik vaksin, sehingga target peserta untuk Mimika pada hari ini hanya 1000 orang tetapi yang mendaftar mencapai 4000 orang.

“Saya minta maaf tadi sebagian masyarakat terpaksa kita suruh pulang karena sudah melebihi target,” ucap AKBP Era.

Ia menyebutkan sebelum dilakukan vaksinasi massal, pihak Kepolisian telah melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat.

"Kita berharap ini bisa membantu pemerintah dalam rangka menurunkan angka kasus covid-19 secara nasional terlebih khusus di Kabupaten Mimika. Oleh karena itu kita minta kepada seluruh masyarakat untuk tidak takut divaksin dan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, sangat mengapresiasi kerja sama antara Polres Mimika, Dinkes Mimika dan Kodim 1710/Mimika untuk percepatan vaksinasi.

“Langkah ini sangat tepat karena salah satu cara mengendalikan angka penyebaran Covid-19 dan angka kesakitan ini hanya melalui vaksininasi,” kata Reynold.

Ia menyebutkan sesuai dengan Instruksi Presiden RI, target vaksinasi di seluruh Indonesia harus mencapai 1 juta penduduk setiap hari dan harus meningkatkan jumlah orang yang menerima vaksin.

Lebih lanjut dikatakan sesuai data pihak Dinkes sampai Jumat malam (25/6/2021), total warga Mimika yang sudah divaksin lebih dari 33ribu orang.

“Kontribusi Dinkes Mimika saat ini adalah memenuhi ketersediaan vaksin,” pungkasnya.

Di tempat yang berbeda Kepala Puskesmas Mapurujaya, dr. Ona Bunga mengatakan, dengan adanya vaksinasi massal dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke-75 tersebut sangat membantu pihaknya dalam memperluas atau mempercepat vaksinasi kepada masyarakat di wilayah Mapurujaya.

"Vaksinasi massal ini sangat membantu kita untuk mempercepat vaksinasi di wilayah Mapurujaya," ujar Ona kepada Salam Papua.

Ona sebut sekitar 6.000 warga di wilayah Mapurujaya telah menerima vaksinasi. Saat ini timnya sedang menyasar guru-guru di wilayah Mapurujaya untuk divaksin.

"Jumlah guru yang sudah divaksin sebanyak 200 orang atau sudah sekitar 8 persen guru dan ini kita lakukan secara door to door. Untuk vaksin di kita masih tersedia," terangnya. (Jefri Manehat/Yosefina)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar