Kadinkes Papua Hadir di Timika dan Beberapa Daerah Koordinasi Terkait Kebijakan Lockdown atau PSMM

Bagikan Bagikan

Kadinkes Provinsi Papua, Robby Kayame (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Meskipun hingga saat ini varian baru Covid-19 “delta” belum masuk di Papua namun jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan (Prokes) maka tidak menutup kemungkinan virus tersebut akan masuk di Papua.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Robby Kayame saat ditemui Salam Papua di Hotel Grand Temabaga Timika, Kamis malam (24/6/2021).

“Covid-19 varian delta ini mau tidak mau, cepat atau lambat akan masuk di Papua jika kondisinya seperti saat ini masyarakat tidak mau patuhi Prokes, tidak mau vaksin, surat perjalanan bebas Covid ini juga tidak diatur baik, cepat atau lambat virus varian baru ini akan muncul,” katanya.

Untuk itu kehadirannya di Timika dan beberapa daerah di Papua mau melihat dari dekat perkembangam penanganan Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi.

“Kehadiran kami ini dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program, antisipasi tentang virus. Kami dipercayakan oleh Bapak Gubernur dan Bapak Sekda untuk melihat langsung persiapan daerah-daerah untuk mengantisipasi terjadi peningkatan kasus seperti di Pulau Jawa,” ujarnya. 

Ia berharap seluruh petugas kesehatan baik di rumah sakit, di fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta sudah divaksinasi.

“Sehingga ketika terjadi peningkatan kasus, tenaga kesehatan bisa terlindungi dan bisa melayani masyarakat dengan baik,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dalam perjalanan ke beberapa daerah di Papua ini, pihaknya mengambil data lapangan tentang kesiapan di setiap fasilitas pelayanan kesehatan, baik tenaga maupun sarana prasarana.  

“Hasil itu kami akan bawa ke provinsi, nanti dilaporkan kepada Pak Gubernur melalui Pak Sekda untuk nanti diputuskan kebijakan Lock down atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro (PSMM),” ujarnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar