Kadinsos Mimika Ungkap Tidak Bisa Tangani ODGJ Karena Tidak Ada Anggaran

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mimika, Petrus Yumte (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Mimika, Petrus Yumte mengungkapkan saat ini Pemkab Mimika belum concern terhadap penanganan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) karena tidak ada anggaran yang mendukung.

Pihaknya mencatat ODGJ di Mimika berjumlah kurang lebih 20 orang.

"Pemerintah (Daerah) melalui Dinas Sosial punya komitmen dalam penanganan ODGJ, tapi kami tidak bisa tangani tanpa uang. Kalau keterbatasan anggaran begini kami tidak dapat berbuat banyak," ungkap Petrus kepada Salam Papua, Senin (28/6/2021).

Padahal, kata Petrus, setiap tahun Dinas Sosial selalu mengusulkan anggaran untuk penanganan ODGJ tersebut namun tidak terakomodir.

Di sisi lain, Dinas Sosial juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika untuk membangun klinik yang akan menangani ODGJ di Mimika.

Sebelumnya, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob juga mengakui permasalahan sosial memang belum sepenuhnya diperhatikan Pemkab Mimika, namun ke depan pemerintah akan berkonsentrasi penuh pada permasalahan sosial tersebut seperti penanganan ODGJ.

Bahkan Wabup John juga berpendapat bahwa rencana Dinas Kesehatan yang akan membangun rumah sakit Pratama, alangkah baiknya membangun rumah klinik atau rumah sakit jiwa agar bisa menjawab permasalahan ODGJ di Mimika. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar