KMDT Siap Membangun SDM Unggul di Mimika

Bagikan Bagikan
Ketua DPP KMDT, Edison Manurung, SH, MM menyampaikan sambutan saat pagelaran Senandung Cinta Danau Toba di Waanal Coffee and Resto, Jalan Cenderawasih, SP3 Timika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Kabupaten Mimika siap membangun SDM unggul anak bangsa di Mimika.

Hal ini disampaikan Ketua Terpilih KMDT Kabupaten Mimika, Wansudin Purba, ST, MMT dalam kesimpulan dari diskusi Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Edison Manurung, SH, MM bersama pengurus KMDT Mimika, ketua-ketua marga dan tokoh-tokoh masyarakat Batak di Timika yang hadir kurang lebih 200 orang.

Tokoh-tokoh masyarakat Batak di Timika yang hadir saat pagelaran Senandung Cinta Danau Toba di Waanal Coffee and Resto

Diskusi yang dipandu oleh Parlindungan Tambunan ini dikemas dalam pagelaran Senandung Cinta Danau Toba sehingga menjadi lebih meriah dengan senandung lagu-lagu batak yang dibawakan vokal grup Tusima Voice di Waanal Coffe and Resto, Jalan Cenderawasih SP3, Jumat malam (4/6/2021).

“Komite ini dibentuk dengan tujuan percepatan wisata Danau Toba serta upaya percepatan pembangunan SDM yang unggulan bukan hanya untuk masyarakat Batak tapi seluruh anak bangsa di Timika bahkan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dalam sambutannya di awal acara, Wansudin menyebutkan KMDT sudah dibentuk di daerah-daerah lain di Indonesia termasuk Papua sudah dibentuk di beberapa kabupaten. Untuk itu di Mimika juga harus dibentuk KMDT.

“Keberadaan KMDT ini juga untuk untuk mendukung program-program pemerintah daerah, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat yang tidak terlepas dari SDM unggulan,” kata dia.

Ketua Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Mimika, Bernadus Manik dalam sambutanya pada kegiatan yang diawali dengan makan malam bersama itu, mengatakan bahwa kehadiran KMDT di Timika bukan menjadi saingan KMB namun saling melengkapi.

“Kita ini bukan saingan tapi kakak beradik yang saling melengkapi,” ujarnya. 

Tokoh-tokoh masyarakat Batak di Timika yang hadir saat pagelaran Senandung Cinta Danau Toba di Waanal Coffee and Resto

Sementara itu, Ketua DPP KMDT, Edison Manurung, SH, MM dalam sambutannya mengatakan, KMDT ini tidak hanya dibentuk di Indonesia tapi juga di Negara Amerika dan Australia.

Visi KMDT hanya sederhana yaitu percepatan wisata danau toba dan SDM unggul.

“Kita tahu Pak Jokowi pada periode pertama dia telah merencanakan bagaimana pembangunan dari Sabang sampai Merauke. Target Pak Jokowi terkait infrastruktur sudah hampir selesai. Sekarang periode kedua ini salah satu visinya SDM unggul. Jadi keberadaan KMDT ini selain mempercepat wisata Danau Toba juga untuk mendukung program pemerintah mempercepat SDM unggul bukan hanya untuk masyarakat Batak tapi semua anak bangsa,” katanya.

Edison menyebutkan, dasar Negara ini adalah Pancasila yang sudah tidak bisa ditawar lagi, dengan semangat NKRI.

Masyarakat Sumatera Utara yang merupakan miniatur Indonesia sangat menjujung tinggi Pancasila dan NKRI serta mampu bergaul dengan suku manapun di Indonesia.

“Pancasila dan NKRI ini sudah tidak bisa ditawar, ini juga menjadi dasar kita mempercepat SDM unggul semua anak bangsa,” ujarnya.

Ia juga melaporkan di kawasan Danau Toba, KMDT sudah dibentuk di delapan kabupaten dan pelantikannya selalu dihadiri kepala daerah.

Sementara Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) KMDT sudah terbentuk di Sumatera Utara, Riau dan DKI Jakarta.

“Rata-rata pelantikan dihadiri gubernur dan bupati. Kita juga sering rapat dengan para menteri dengan membuat tulisan pokok pikiran apa yang kita sumbangkan pada pemerintah di era Jokowi. Kita rencanakan semua, awal Agustus kita harus laporkan ke Pak Jokowi. Itulah tugas fungsi sebagai mitra strategis pada era Jokowi. Jadi saya kira kita diskusikan bersama program-program mendukung visi misi KMDT ini,” ungkapnya.

Ia pun berpesan kepada masyarakat Batak di Timika untuk tetap rendah hati dan saling menghargai.

“Kalau sudah sukses, jangan ego, jangan sombong, tetap rendah hati dan menghargai sesama kita,” ucapnya.

Kemudian Direktur Universitas Terbuka, Doktor Mujadi dalam sambutannya mengatakan, masyarakat Batak harus cerdas dan unggul untuk itu harus mempunyai energi yang selalu positif.

“Jangan dibuat negatif, sekali dibuat negatif maka nilai harkat anda akan turun. Orang Batak harus cerdas, karena cerdas akan membawa seorang lebih maju dan mempercepat SDM unggul,” ujarnya.

Untuk diketahui, KMDT dideklarasikan di Jakarta pada 29 September 2019 dan untuk pengurus KMDT terpilih di Timika rencananya akan dilantik pada Bulan Juli 2021. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar