Pemkab Mimika Gelar Rapat Evaluasi RPJMD dan Renstra, Tidak Ada Satupun Pimpinan OPD yang Hadir

Bagikan Bagikan

Situasi Rapat Evaluasi RPJMD dan Renstra Pemkab Mimika (Foto:SAPA/Jefri )

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Kamis (10/6/2021), melakukan rapat penyusunan dokumen evaluasi dan revisi rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJDM) dan Rencana Strategis (Renstra) Kabupaten Mimika periode 2020-2024.

Asisten 1 Setda Mimika, Syahrial menyayangkan dalam rapat evaluasi tersebut tidak ada satupun pimpinan OPD yang hadir.

Pantauan Salam Papua, dalam rapat evaluasi tersebut hanya diwakili Sekretaris dan para Kepala Bidang dari masing-masing OPD.

“Ini gambaran bahwa tidak ada komitmen yang kuat dari para pimpinan OPD dalam membangun Kabupaten Mimika,” ungkap Syahrial.

Ia menjelaskan, permasalahan pembangunan Kabupaten Mimika merupakan akumulasi dari permasalahan-permasalahan berdasarkan isu tujuan pembangunan berkelanjutan, isu nasional dan regional serta permasalahan di Kabupaten Mimika berdasarkan data-data yang ada, serta janji-janji politik yang harus diterjemahkan pada RPJMD.

Penyusunan RPJMD juga didasarkan pada hasil evaluasi kinerja periode sebelumnya, isu-isu strategis serta potensi-potensi unggulan daerah, yang dianalisis berdasarkan ketentuan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017.

“Terdapat 6 pembangunan prioritas untuk mengatasi permasalahan pokok di Kabupaten mimika antara lain peningkatan SDM berbasis Iptek, peningkatan ketertiban dan keamanan daerah, pemenuhan pelayanan dasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan infrastruktur untuk mendorong wilayah konektivitas yang masih belum merata, reformasi birokrasi melalui perbaikan sistem tata kelola pemerintahan yang baik belum berjalan, serta peningkatan sektor-sektor unggulan ekonomi untuk meningkatkan daya saing daerah,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan pencapaian target-target yang telah dirumuskan dalam RPJMD dan Renstra perlu dilakukan evaluasi pada kurun waktu tertentu untuk mengetahui seberapa besar perbedaan antara target yang direncanakan dengan hasil yang telah dicapai.

Hal ini penting dilakukan untuk mencari solusi permasalahan yang terjadi dan melakukan upaya perbaikan terhadap permasalahan tersebut sehingga pencapaian target indikator yang sudah direncanakan dapat diantisipasi.

Dia menambahkan, selain menunjukkan capaian, evaluasi juga dapat berfungsi sebagai alat verifikasi apakah suatu kebijakan, program atau kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Jadi evaluasi merupakan suatu alat utuk menilai (assessment) atas perencanaan yang sedang berlagsung atau sudah selesai guna memastikan relevansi, efektivitas, efisiensi dan dampak, di samping itu juga untuk menjadi rekomendasi dalam suatu proses pengambilan keputusan.

Penyusunan dokumen RPJMD dan Renstra perangkat daerah Kabupaten Mimika 2020-2024 berada pada periode transisi penggunaan kodefikasi, klasifikasi dan nomenklatur. Perencanaan pembangunan daerah berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 90 tahun 2019 (Permendagri 90), sehingga pada prosesnya terdapat transformasi dari nomenklatur program berjalan kepada nomenklatur program yang ditetapkan dalam keputusan Kepmendagri nomor 050-3708 tahun 2020 tentang hasil verifikasi dan validasi pemutakhiran klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

“Untuk itu perlu penyesuaian terhadap program, kegiatan beserta indikator kinerja yang telah direncanakan sebelumnya di dalam RPJMD dan Renstra perangkat daerah dengan Kepmedagri 050-3708 tahun 2020,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Yosep Manggasa mengungkapkan, dengan adanya pandemik covid-19 membuat capaian RPJMD sedikit terganggu akibat refocusing.

“Dengan adanya refocusing, apa yang menjadi target kita mengalami perubahan, sehingga kita harus  lakukan evaluasi dan revisi terhadap RPJMD dan Renstra, agar apa yang menjadi target dari janji politik yang ditetapkan dalam  RPJMD bisa dipenuhi. Karena keberhasilan pimpinan daerah, dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Mimika, diukur dari capaian RPJMD,” ungkapnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar