Perekrutan Putra-Putri Papua Oleh BUMN Punya Manfaat Strategis

Bagikan Bagikan

Sejumlah peserta Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN Papua dan Papua Barat mengikuti proses inaugurasi di Jakarta. (Foto-Antara)

SAPA (JAKARTA)
- Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto menilai program perekrutan putra-putri terbaik Papua oleh Kementerian BUMN memiliki manfaat strategis. 

"Jadi tidak hanya aspek kinerja yang bisa diukur, kalau aspek diversifikasi semacam ini juga dijadikan salah satu ukuran untuk menilai kementerian dan lembaga negara serta perusahaan BUMN, saya melihat hal tersebut akan memiliki manfaat strategis," ujar Eko kepada ANTARA di Jakarta, Jumat. 

Menurut ekonom tersebut, program perekrutan putra-putri terbaik Papua oleh Kementerian BUMN tersebut merupakan salah satu bentuk proses untuk mengenalkan kebhinekaan di Kementerian BUMN. 

"Program ini bagus di mana keragaman suku bangsa kita perlu dikolaborasikan di kementerian dan lembaga negara, khususnya di Kementerian BUMN," kata Eko. 

Sebelumnya Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Badan Usaha Milik Negara telah merekrut 776 putra putri terbaik Papua hingga 2021, yang ditempatkan di 55 BUMN atau terealisasi sebesar 77 persen dari target 1.000 orang. 

Hal ini sejalan dengan kebijakan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk merekrut 1.000 putra dan putri terbaik Papua dan Papua Barat untuk ditempatkan di BUMN seluruh Indonesia yang disampaikan pada pertemuan dengan tokoh-tokoh Papua di Istana Negara Jakarta pada 10 September 2019. 

Hal tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor : S-165/MBU/03/2020 tanggal 17 Maret 2020 perihal penunjukan FHCI sebagai Koordinator Merangkap Pelaksana Program Perekrutan Bersama BUMN Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat. 

Sebagai aset penting dan penggerak ekonomi bangsa, pemberian kesempatan oleh BUMN ini sangat strategis, karena semakin membuka peluang besar bagi mereka untuk berperan aktif dalam pembangunan di seluruh Indonesia terutama di tanah kelahirannya di tanah Papua. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar