Polda Papua Kekurangan 12.855 Personel Polisi

Bagikan Bagikan

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA)
- Kepolisian Daerah (Polda) Papua hingga kini masih kekurangan sebanyak 12.855 personel untuk ditempatkan di 28 polres. 

"Memang benar Polda Papua hingga kini masih kekurangan personel mengingat luasnya wilayah yang mencapai 317.062 KM2,"kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri dalam Refleksi Semester I 2021 di Jayapura, Selasa. 

Dijelaskan, saat ini jumlah personel tercatat 11.468 orang dan diharapkan secara bertahap terpenuhi mengingat saat ini sedang dilakukan penerimaan anggota Polri melalui program bintara noken dengan menerima 2000 orang. 

Saat ini tengah diupayakan penerimaan bintara noken selama tiga tahun bekerja sama dengan Pemprov Papua dan nantinya setelah lulus akan ditempatkan di polres pengirim. 

"Lulusan rekrutmen bintara noken yang akan bertugas di berbagai polres sehingga diharapkan mereka lebih diterima warga karena memahami adat istiadat setempat,"kata Fakhiri yang didampingi Waka Polda Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto dan Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal. 

Diakui, untuk memenuhi rekrutmen bintara noken polres-polres diharapkan bekerja sama dengan pemda setempat sehingga para pelajar yang ingin jadi anggota Polri dapat dibina sehingga saat pembukaan penerimaan dapat ikut mendaftar. 

Bila sudah dilatih diharapkan dapat bersaing dengan calon dari daerah lainnya di Papua, harap Fakhiri seraya mengaku saat ini masih berkoordinasi dengan Mabes Polri karena adanya keinginan dari DPRP dan MRP untuk meningkatkan jumlahnya menjadi 2.500 orang. 

"Polda Papua akan mengusulkan keinginan tersebut namun yang menentukan Mabes Polri, " kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri. 

Dalam refleksi semester 2021 yang dihadiri pejabat di lingkungan Mapolda Papua berakhir dengan tanya jawab dengan wartawan di Jayapura. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar