SAR Timika Gelar Simulasi Penyelamatan Terhadap Kecelakaan

Bagikan Bagikan
Situasi saat pelaksanaan simulasi penyelamatan terhadap kecelakaan (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika kolaborasi bersama Satlantas dan Sabhara Polres Mimika, BPBD Kabupaten Mimika, Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Dinas Kesehatan, Kodim 1710/ Mimika, Lanud, serta Lanal Mimika melakukan simulasi penyelamatan kecelakaan atau tabrakan beruntun di Jalan Yos Sudarso, Lapangan Eks Pasar Lama Timika, Selasa (29/6/2021).

Kepala Kantor SAR Timika, George Leo Mercy Randang mengatakan, simulasi yang melibatkan instansi terkait tersebut untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tak terduga seperti kecelakaan pada pelaksanaan event-event besar yang akan dilaksanakan di Mimika pada tahun 2021.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa tahun ini kita (Kabupaten Mimika, Red) akan menghadapi event besar dan jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti kecelakaan, kita bisa tangani secara cepat dan tentunya itu membutuhkan sinergi antara semua instansi terkait," katanya.

Simulasi tersebut dimulai dari laporan masyarakat tentang kecelakaan kepada Satlantas Polres Mimika, selanjutnya disampaikan kepada tim SAR dan instansi terkait lainnya untuk melakukan pertolongan pada korban kecelakaan secara cepat dan tepat hingga dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

George menyebutkan sekitar 50 personel gabungan yang terlibat langsung dalam simulasi tersebut.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Mimika, Iptu Devrizal mengatakan hal senada, bahwa perlu adanya simulasi terkait penanganan dan pertolongan pada kecelakaan yang lebih cepat, apalagi Mimika sebagai tuan rumah dalam beberapa event yang akan dilaksanakan pada tahun ini, sehingga semua hal harus dilakukan secara cepat sehingga tidak menggangu aktivitas lalu lintas.

"Simulasi ini tadi kita sudah lihat, bagaimana tim bekerjasama dengan cepat untuk melakukan pertolongan pada korban dan tugas kita bagaimana mengalihkan arah lalu lintas jalan agar tidak terjadi kemacetan,” kata Devrizal.

Demikian juga dengan Kepala BPBD Kabupaten Mimika, Yosias Losu berpendapat bahwa simulasi yang melibatkan unsur terkait seperti ini perlu terus dilakukan sehingga kecelakaan ataupun musibah yang terjadi bisa ditangani secara cepat. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar