Satu Anggota KKB Ditangkap di Timika

Bagikan Bagikan
MT yang telah diamankan (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Tanpa perlawanan, MT yang merupakan salah satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ditangkap Satgas Nemangkawi saat melintas menggunakan mobil Avanza hitam di Jalan Ahmad Yani Timika, sekitar pukul 19.15 WIT, Kamis (10/6/2021).

MT merupakan DPO Polres Mimika dengan serangkaian aksi kriminal yang telah dilakukannya bersama rekan-rekan di wilayah Tembagapura.

“MT ini merupakan DPO kita di Polres Mimika. Anggota kita tangkap MT melalui proses penyelidikan yang panjang. Sebelum ditangkap, kita selalu mengikuti pergerakan MT setelah melakukan gangguan keamanan. MT sempat ke Lani Jaya, kembali lagi ke Tembagapura dan turun ke Timika dengan rombongan bis. Setelah diikuti, akhirnya dihadang dan diamankan. MT tidak melakukan perlawanan saat diamankan, sehingga langsung dibawa ke Polres Mimika,” ungkap Kapolres Mimika, AKBP I Gusti G. Era Adhinata saat menyampaikan rilis penangkapan MT, Jumat (11/6/2021).

Dari hasil interogasi, MT mengaku bergabung bersama KKB pada tahun 2017 yang dipimpin Almarhum Ayub Waket yang kemudian kepemimpinan dilanjutkan Gusti Waker. MT bergabung bersama KKB lantaran diajak No Waker dan bersama-sama melakukan serangkaian gangguan kemanan di Tembagapura, Beoga dan Ilaga.

Sejak bergabung bersama KKB di tahun 2017, MT ikut melakukan aksi keamanan bersama kelompok Ukimba dan Kali Kopi. MT juga Ikut melakukan aksi penembakan di mile 63 bersama Guspi, Tandi, Nak dan Edinua Abogau, serta ikut melakukan aksi penembakan di mile 69.

Di tahun 2020, sebelum berangkat ke Ilaga, MT ikut melakukan aksi penembakan terhadap mobil Brimob di Kampung Utikini Tembagapura.

“Dari hasil investigasi dan foto-foto, MT terlibat dalam aksi penembakan mobil di mile 69 dan memegang senjata Stayer hasil rampasan dari anggota Gegana Palembang. Itu kita ketahui dari dokumentasi mereka,” jelasnya.

Selain itu, MT gabung bersama kelompok Lekagak Telenggen dan terlibat dalam aksi penembakan mobil Brimob tanggal 8 Maret tahun 2020, yang menyebabkan satu anggota Brimob mengalami luka gores.

MT terlibat aksi pembakaran kios di belakang asrama Polsek Tembagapura tanggal 7 November tahun 2017. MT Ikut dalam aksi pengrusakan jalan dari Tembagapura ke Banti serta pembakaran alat berat di kampung Utikini tahun 2017. Kemudian, juga ikut melakukan penembakan kantor Polsek Tembagapura tanggal 7 November tahun 2017, serta penembakan alat berat di mile 58 menuju mile 68 tanggal 11 April tahun 2020.

“Itu semua merupakan rangkaian aksi penembakan di wilayah Tembagapura yang telah dilakukan MT sebelum ditangkap,” kata AKBP Era.

Saat penangkapan terhadap MT, juga disita beberapa barang bukti berupa KTP, HP dan Noken. Sedangkan barang lainnya seperti senjata tidak ditemukan dan ternyata diakui MT bahwa senjatanya telah dibawa ke Ilaga.

Polres Mimika akan tetap melakukan penyelidikan terhadap DPO lainnya yang terdeteksi masuk ke wilayah Timika guna memperjelas penyidikkan yang telah dilakukan. Dengan demikian, siapa yang berbuat salah akan tetap diproses hukum, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga akan tetap melakukan penggalangan secara persuasif.  Untuk itu, diingatkan agar siapa pun yang terlibat, bisa menyerahkan diri, sehingga bisa diberikan keringanan dalam proses hukumnya.

Kapolres AKBP Era yang didampingi Wakapolres Kompol Sarraju mengatakan bahwa hingga saat ini belum dilakukan pendalaman terkait tujuan MT datang ke Timika hingga akhirnya ditangkap. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88E titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88E titik com paling best ya guys...

    BalasHapus