Seorang Ibu di Timika Rebut Paksa Anak Kandungnya Sendiri

Bagikan Bagikan
M digendong YW saat ibu kandungnya datang menjemputnya (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Malang nian nasib M, balita perempuan berusia 1 tahun karena direbut paksa Ibu Kandungnya berinisial LN dari pelukan Ibu YW yang telah mengasuhnya selama kurang lebih satu tahun.

Peristiwa ini terjadi di jalan Anggi kompleks Masjid Al Izam. Sejak dilahirkan bulan Mei 2020 lalu, M diasuh YW atas kesepakatan bersama kedua orang tua kandungnya. Namun entah kenapa, Rabu (16/6/2021), LN bersama seorang keluarga kandungnya datang dan meminta M dari tangan YW.

Kondisi ini tentunya mengganggu psikis Balita cantik tersebut. Bagaimana tidak? Dalam keadaan bingung M hanya bisa menangis histeris hingga gemetaran setelah tangannya ditarik paksa ibu kandung dan keluarganya dari pelukan YW sang pengasuh.

Bocah kecil tak berdosa ini kian terisak ketika tahu adanya aparat kepolisian datang ke tempatnya dan menjemputnya bersama sang Ibu pengasuh. Bocah ini terseret dalam persoalan yang seharusnya belum pantas dirasakannya setelah Ibu kandungnya mengadu ke sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) Polres Mimika.

“Dia tidak kasih anak saya, dia hanya pengasuh saja. Dia tidak punya anak, makanya dia tahan anak saya. Saya mau menyusui anak saya, tapi dia larang. Hari ini juga kakak saya datang ambil M untuk jalan-jalan, tapi di larang. Saya lihat tangan anak saya sekarang melepuh karena air panas. Saya tidak tahu kenapa itu terjadi,” kata LN saat mengadu ke SPKT Polres Mimika.

Atas pengaduan LN anggota Polres langsung mendatangi TKP. Pantauan Salam Papua di lokasi kejadian, raut ketakutan dan kebingungan jelas tampak pada wajah balita malang ini. Balita ini terus mendekap erat dipelukan YW ketika LN dan keluarganya bersujud serta memaksanya lepas dari pelukan sang ibu asuh.

“Kalau mau dibilang rebut itu tidak benar, tapi saya tetap peluk M karena dia ketakutan saat keluarganya datang. Apalagi saat keluarganya datang, M sementara tidur lelap. Saya tahu diri dan rela kalau mereka ambil kembali M, tapi tidak dengan cara begini,” ungkap YW kepada wartawan saat dijemput anggota Polres Mimika sekitar pukul 12.00 WIT, Rabu (16/6/2021).

YW pun membantah tuduhan telah melakukan kekerasan terhadap M, sehingga tangan M melepuh. Menurut YW, tangan M melepuh lantaran tanpa sepengetahuannya main dispenser saat ia bersama M menginap di rumah kakaknya beberapa minggu lalu.

“Siapa bilang saya siram M dengan air panas? Tangan M kena air panas karena dia main dispenser. Itu terjadi saat saya lagi sibuk. M umur 1 tahun dan sementara aktif-aktifnya bermain. Kalau kita lengah sedikit, pasti dia bakal raih semua barang-barang yang ada di sekitarnya. Mereka salah kalau menduga saya yang sengaja siram air panas,” kata YW.

YW mengisahkan bahwa sejak LN mengandung M, telah ada pembicaraan bahwa ia yang akan mengasuh M lantaran LN dan suaminya telah mempunyai enam orang anak dan M merupakan anak ke tujuh.

Dengan demikian, YW pun ikut bertanggungjawab mulai proses persalinan hingga M usia 1 tahun.  Namun seiring waktu, LN kembali mengandung anak ke delapan (adik M), sehingga M tetap berada dalam asuhannya. Karena itu, YW dan LN kembali bersepakat bahwa M akan dikembalikan setelah LN melahirkan adik M.

Menurut YW, selama ini hubungan keluarga YW dan LN terjalin baik dan hak asuh M tidak pernah dipersoalkan.

Adapun niatnya bersama suami untuk mengadopsi anak, akan tetapi ia paham bahwa mengadopsi anak punyai proses hukum, sehingga harus bersabar.

“Kami tetangga kos. Jadi mereka juga tahu kondisi M. Selama ini baik-baik saja. Kalau perlakuan saya jahat ke M, berarti mereka juga tahu, tapi kenapa hari ini tiba-tiba terjadi seperti ini? Khusus untuk keluarga orang tuanya, selama ini juga datang menjenguk M dan baik-baik saja,” ungkapnya.

Sedangkan pengakuan berbeda disampaikan AP yang merupakan ayah kandung M. Menurut AP, kesepakatan awal M diasuh YW dan bersifat sementara serta bukan bertujuan untuk mengadopsi. Akan tetapi semakin lama YW seolah-olah membatasi LN untuk bertemu M.

“Hari ini baru terjadi, maitua saya datang paksa,” tutur AP.

Persoalan ini pun dimediasi di SPKT Polres Mimika, dan saat ini M telah kembali ke asuhan orang tua kandungnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88E titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88E titik com paling best ya guys...

    BalasHapus
  2. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua kebenaran, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan website ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi korban dari cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk menceritakan kisah tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberi tahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang Allah kirimkan untuk mengubah hidup saya,  mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lainnya yang Anda lihat di sini online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammers, bagaimana bisa satu perusahaan memberikan pinjaman?, itu harus menjadi pertanyaan pertama Anda orang-orang saya.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda atas nama Allah, bahwa saya mengatakan yang sebenarnya, ALL GLOBAL GRANT LOAN, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang dipersyaratkan.

    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi  mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan keuangan Anda dan untuk meningkatkan tingkat hidup Anda, ini EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di EMAIL saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi kisah kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    EMAILPerusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Perusahaan :   +1(301)971-444
    Email Saya:  fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus