World Environment Day, PTFI dan Pemkab Mimika Tanam 1000 Pohon

Bagikan Bagikan
Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob (foto kiri) dan Perwakilan PTFI, Senior Manager Enviromental PTFI, Gesang Setyadi (foto kanan) secara simbolis menanam pohon pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day dengan tema "Restorasi Ekosistem", Departemen Lingkungan PTFI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar tanam 1000 pohon di lokasi eks Pasar Lama Timika, Sabtu (5/6/2021).

Senior Manager Enviromental PTFI, Gesang Setyadi mengungkapkan, sebagai peringatan hari lingkungan hidup sedunia, PTFI bersama Pemkab Mimika melalui DLH mencanangkan penanaman 1000 pohon.

"Kegiatan penanaman pohon ini merupakan upaya dari PTFI dan Pemkab Mimika untuk memberikan kontribusi dalam mewujudkan Mimika berseri (bersih, rindang, sehat  dan indah) menyambut PON -XX tahun 2021 dan Pesparawi," terang Gesang.

Gesang menerangkan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan instrumen penting yang digunakan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia.

Hari peringatan lingkungan hidup ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

PBB telah mencanangkan dekade restorasi ekosistem 2021 hingga 2030. Dekade PBB ini dimaksudkan untuk memulihkan ekosistem yang terdegradasi dan hancur untuk memerangi krisis iklim, mencegah hilangnya satu juta spesies dan meningkatkan ketahanan pangan, pasokan air serta mata pencaharian.

Peringatan hari lingkungan hidup merupakan instrumen bagi masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungan.

Dia menambahkan, dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, beberapa kegiatan sengaja dilakukan oleh PTFI untuk mengajak serta masyarakat serta komunitas PTFI untuk mengambil bagian dalam menjaga ekosistem di Mimika dalam aksi nyata. Ini juga sejalan dengan komitmen PTFI dalam upaya pelestarian dan perlindungan lingkungan melalui program yang berkelanjutan.

Sementara itu Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengungkapkan, peringatan hari lingkungan menyadarkan kita untuk peduli dan menjaga lingkungan sebaik mungkin.

"Lingkungan yang sehat dan berseri membutuhkan kerjasama dengan para pemangku kepentingan, dan itu butuh kesadaran masyarakat," kata Wabup John.

Ia juga menekankan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar