Freeport Beri Bantuan 20 Unit Oksigen Konsentrator Untuk RSMM dan RSUD Mimika

Bagikan Bagikan
VP Community Relations PTFI, Nathan Kum saat menyerahkan oksigen konsentrator kepada Direktur RSMM dr. Joni Ribo Tandisau di halaman parkir RSMM (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Menindaklanjuti komitmen perusahaan untuk turut serta dalam upaya mitigasi kenaikan kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika, PT. Freeport Indonesia (PTFI) menyerahkan bantuan oksigen konsentrator sebanyak 20 unit kepada Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika untuk menangani pasien positif Covid-19.

Penyerahan bantuan ini dilakukan di halaman parkir RSMM pada Selasa (20/7) sekitar Pukul 09.00 WIT oleh VP Community Relations PTFI, Nathan Kum dan diterima langsung oleh Direktur RSMM dr. Joni Ribo Tandisau.

VP Community Relations PTFI, Nathan Kum mengatakan, bantuan dari PTFI berupa Oksigen Konsentrator sebayak 10 unit untuk RSUD Mimika dan 10 unit untuk RSMM ini tujuannya untuk meringankan beban dan tanggungjawab dari kedua rumah sakit tersebut dengan semakin meningkatnya kasus positif Covid-19 di Mimika.

Ia menjelaskan, oksigen konsentrator adalah alat yang digunakan untuk memberikan oksigen tambahan bagi pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (Chronic Obstructive Pulmonary Disease/COPD) dan dalam konsentrasi oksigen yang lebih tinggi, keuntungan oksigen konsentrat ini juga dapat membantu memberikan oksigen tambahan pada penderita hipoksemia kronik dan edema paru.

“Oksigen Konsentrator adalah jenis perangkat medis yang digunakan untuk mengirim oksigen ke seseorang dengan gangguan pernapasan. Seseorang yang oksigen dalam darahnya lebih rendah dari biasanya sering memerlukan mesin ini untuk menggantikan oksigen itu. Secara umum, Anda tidak dianjurkan menggunakan oksigen konsentrator tanpa resep dari dokter. Seorang dokter harus meresepkannya setelah pasien menyelesaikan evaluasi medis menyeluruh. Para dokter juga biasanya akan menunjukkan kepada pasien bagaimana menggunakan konsentrator ini secara efektif saat bepergian dan di rumah,” terangnya.

Ia menyebutkan Oksigen Konsentrator menyaring udara di sekitarnya, mengompresnya ke kepadatan yang diperlukan dan kemudian mengirimkan oksigen kadar medis yang dimurnikan ke dalam sistem pengiriman dosis-pulsa atau sistem aliran berkelanjutan ke pasien.

Pemberian bantuan alat ini juga dilengkapi dengan filter khusus dan saringan yang membantu menghilangkan Nitrogen dari udara untuk memastikan pengiriman oksigen yang dimurnikan sepenuhnya kepada pasien. 

“Perangkat ini juga dilengkapi dengan antarmuka pengguna elektronik sehingga dapat menyesuaikan tingkat konsentrasi oksigen dan pengaturan laju oksigen kemudian pasien menghirup oksigen melalui kanula hidung atau masker khusus,” ungkapnya.

PTFI melalui Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), lanjut dia, terus mendukung penuh pengelolaan RSMM.

Bahkan di masa pandemi ini, dukungan tambahan PTFI adalah menyediakan kargo pesawat untuk semua obat dan peralatan covid-19 yang mendesak, sehingga dapat tersedia paling lama satu sampai dua hari. Hal ini penting karena penanganan covid-19 harus secepatnya.

Ia menambahkan, PTFI juga telah dan akan terus membantu pengiriman sekitar 900 tabung oksigen ke RSMM menggunakan kapal PTFI sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian dari RSMM.

“Semoga sumbangan ini dapat berguna bagi YCTP sebagai pengelola RSMM dan semua kita tentunya berharap supaya pandemi ini dapat segera berlalu. Kami juga terus mengimbau masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas,” pungkasnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar