Hari Ini Terminal Bandara Mozes Kilangin Timika Sisi Selatan Mulai Beroperasi

Bagikan Bagikan
Pelaku perjalanan mengantri di terminal Bandara Mozes Kilangin Timika sisi Selatan (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Terminal Bandara Mozes Kilangin Timika sisi Selatan yang dibangun menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dioperasikan secara parsial mulai hari ini, Kamis (15/7/2021).

Kepala UPBU Mozes Kilangin, Soekarjo mengatakan bahwa pengoperasian terminal Bandara Mozes Kilangin Timika sisi Selatan masih menggunakan lantai bawah dengan sarana prasarana seadanya.

"Kami sebenarnya mengoperasikan ini di awal bulan Juli tapi ada beberapa kendala sehingga baru bisa dilakukan hari ini dengan penggunaan peralatan secara parsial atau secara terbatas karena banyak peralatan yang belum dilengkapi," ungkapnya kepada wartawan.

Dia menambahkan, Terminal Bandara Mozes Kilangin sisi Selatan sengaja dioperasikan lebih awal sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) sehingga bisa dilihat apa yang menjadi kekurangan untuk nantinya dilengkapi.

Sementara itu Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,S.E,M.H menegaskan, pengoperasian terminal Bandara Mozes Kilangin Timika yang dimulai pada pertengahan bulan Juli ini merupakan bagian dari uji coba.

"Ini adalah uji coba sambil kita melihat ke depan apa yang menjadi kekurangan kita dan kita akan lengkapi. Pengoperasian secara parsial ini hanya gunakan lantai bawah, sedangkan lantai atas kita masih lengkapi dan mungkin baru akan digunakan Februari tahun 2022 mendatang, termasuk karbarata," terangnya.

Bupati juga mengatakan setelah Terminal Bandara Mozes Kilangin Timika dioperasikan sepenuhnya, baik itu Terminal yang dibangun oleh APBN maupun APBD, Pemkab Mimika juga akan mulai membuka penerbangan Timika-Luar Negeri.

Sambungannya, terminal Bandara Mozes Kilangin Timika yang dibangun menggunakan APBD Kabupaten Mimika baru akan rampung dan diselesaikan di tahun 2022.

Ia juga meminta kepada masyarakat Mimika untuk membantu pemerintah menjaga fasilitas (terminal) yang telah dibangun.

"Kita harap Masyarakat untuk punya rasa memiliki dengan tetap menjaga fasilitas yang telah dibangun," terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar