Jika Tidak Ada Anggaran, Bupati Omaleng Tetap Tidak Izinkan PON XX Diselenggarakan di Mimika

Bagikan Bagikan

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,S.E,M.H (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,S.E,M.H yang juga selaku ketua Sub PB PON Mimika menyampaikan bahwa anggaran yang diperuntukan bagi sub PB PON belum juga ada kabar.

Bupati Omaleng juga masih pada komitmen yang sama, jika PB PON tidak melontarkan anggaran seperti yang telah disampaikan maka dirinya tidak akan mengizinkan PON XX diselenggarakan di Mimika.

Sub PB PON Mimika sendiri mengusulkan anggaran sebesar Rp 500 Miliar hingga Rp 700 Miliar, akan tetapi hanya terealisasi sekitar Rp 78 Miliar.

"Mereka harus kembalikan kita punya anggaran yang digunakan untuk membangun venue dan infrastruktur yang berhubungan dengan PON. Kalau dana itu sudah dikembalikan PON boleh berjalan," ungkap Bupati Omaleng saat ditemui di DPRD Mimika, jalan Cendrawasih SP2, Jumat (9/7/2021).

Bupati juga bersekukuh untuk tidak menganggarkan dalam APBD Mimika terkait fasilitas-fasiltas PON yang belum lengkap.

Disebutkan, anggaran yang telah dikeluarkan oleh Pemkab Mimika untuk membangun venue PON dan infrastruktur yang berhubungan dengan PON XX mencapai Rp 868 Miliar.

Diketahui venue PON yang dibangun di Mimika dikerjakan bersama oleh Pemkab Mimika, PT. Freeport Indonesia (PTFI), dan PB PON Papua, dimana PTFI membangun Mimika Sport Compleks (MSC) jalan Poros Sp2-Sp5 dan mencakup cabor basket dan stadion atletik terbuka yang dilengkapi dengan wisma atlet, sementara Pemkab Mimika membangun venue biliar, panjat tebing, terjun payung, tarung drajat, judo dan Aeromodelling, sedangkan PB PON Papua membangun venue terbayang layang dan futsal yang digunakan untuk pertandingan futsal dan bola tangan.

Adapula cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Mimika yakni basket, futsal, judo, tarung derajat, atletik, biliar, panjat tebing, terbang layang, terjun payung dan Aeromodelling. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar