Ketua IWSS Kabupaten Mimika Lantik Pengurus IWSS Ranting Mimika Baru

Bagikan Bagikan
Foto bersama pengurus IWSS Ranting Mimika Baru usai dilantik (Foto:SAPA/Yosefina) 

SAPA (TIMIKA) - Ketua Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kabupaten Mimika, Dra. Hj. Djamila Tjapi, M.Si melantik pengurus IWSS Ranting Mimika Baru Kabupaten Mimika Periode 2021-2026.

Kegiatan yang diawali dengan doa yang dipimpin oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, Ustad H. Muh Amin, Ar. SAg, S.Pd, MM ini mengusung tema “Dengan Merajut Kebersamaan dalam Bingkai Eme Neme Yauware Kita Tingkatkan Peranserta Wanita dalam Mewujudkan Pembangunan di Tanah Amungsa”.

Acara pelantikan itu ditandai dengan pembacaan naskah pelantikan dan pengukuhan yang dibacakan langsung oleh Ketua IWSS Kabupaten Mimika, Dra. Hj. Djamila Tjapi, M.Si kemudian diikuti oleh pengurus IWSS Ranting Mimika Baru.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua IWSS Kabupaten Mimika, Dra. Hj. Djamila Tjapi, M.Si dan Ketua IWSS Ranting Mimika Baru, ST. Hudaya Rahmatullah.

Setelah itu pengurus yang dilantik bersama-sama menyanyikan lagu Alosi Ripolo Dua.

Ketua Panitia kegiatan tersebut, Selfin Budi Modingge dalam sambutannya pada kegiatan yang dimeriahkan dengan tari tenun itu mengatakan, IWSS sebagai ikatan kerukunan  merupakan roda pergerakan kegiatan-kegiatan wanita Sulawesi Selatan di Kabupaten Mimika, di samping begitu banyaknya komunitas atau organisasi lain yang ada di daerah ini.

“Namun pihaknya mengharapkan agar program-program IWSS lewat badan pengurus yang dilantik bisa terus berjalan dengan lancar mendukung roda dan pembangunan di Kabupaten ini, melalui keterampilan-keterampilan yang dimiliki wanita-wanita Sulawesi Selatan dari bidang kesenian, budaya, olahraga dan lain sebagainya. Kami juga siap menebar rasa toleransi antar umat beragama yang ada di kota ini serta mengangkat harkat dan martabat perempuan yang ada di Mimika, melawan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujarnya.

Pihaknya juga akan berupaya menyatukan perbedaan dalam keanekaragaman Indonesia, juga tak lupa turut mendukung pemerintah mengkampanyekan tentang pemutusan mata rantai penularan Covid-19.

“Agar rantai Covid-19 bisa dihentikan di Kabupaten Mimika ini dengan melaksanakan 5 M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pesannya.

Sementara itu Ketua IWSS Ranting Mimika Baru, ST. Hudaya Rahmatullah dalam sambutannya  menyampaikan bahwa tugas dan tanggung jawab IWSS Ranting Mimika Baru cukup besar, tidak hanya sekedar menjadi penampung aspirasi wanita Sulawesi Selatan khususnya Ranting Mimika Baru.

Tetapi lebih dari itu bahwa eksistensi IWSS adalah sebagai pilar yang akan mendorong dan mendukung seluruh kebijakan cabang di Tanah Amungsa.

“Berkenaan dengan hal tersebut maka kita harus saling bergandeng tangan membangun komunikasi yang efektif, membangun tali silaturahmi yang kuat agar kita menjadi lebih mampu dan kuat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua IWSS Kabupaten Mimika, Dra. Hj. Djamila Tjapi, M.Si dalam sambutannya meminta agar Ketua IWSS Ranting Mimika Baru harus lebih sabar dan ikhlas dalam memimpin roda organisasi tersebut.

“Kita menghadapi berbagai karakter dari kerukunan ini jadi jangan emosi atau marah, tidak bisa seperti itu, harus bisa sabar dan ikhlas,” pesannya.

Ia pun meminta agar Pemerintah Distrik Mimika Baru bisa melibatkan pengurus dan anggota IWSS Ranting Mimika Baru dalam kegiatan-kegitan perempuan seperti dalam kegiatan PKK.

“Ibu-Ibu IWSS ini aset pembangunan. Mereka punya kemampuan dan keahlian yang luar biasa jangan ragukan, mereka bisa berkontribusi membangun daerah ini,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KKSS Kabupaten Mimika, Syamsuddin B dalam sambutannya berpesan kepada pengurus dan anggota IWSS Ranting Mimika Baru memupuk rasa saling menghargai.

Terlebih kepada ketua dan pengurus yang telah merelakan waktu tenaga bahkan materi untuk mengabdi melayani wanita Sulawesi Selatan.

“Toleransi kita kedepankan, hargailah siapapun sebagai ketua yang sudah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan perasaan bahkan materi. Jangan hanya mau bergabung di kerukunan hanya saat ada masalah dan butuh bantuan,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Distrik Mimika Baru, Melki Snae yang juga turut hadir pada kagiatan itu diberi kesempatan membuka Rapat Kerja IWSS Ranting Mimika Baru yang ditandai dengan pemukulan tifa.

Turut hadir juga ketua atau perwakilan IWSS dari sejumlah ranting di Mimika dan Staf Khusus Bupati Mimika, Demianus Katiop. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar