Pantau Situasi Keamanan, Presiden Jokowi Menyapa Polres Mimika di HUT Bhayangkara Ke-75

Bagikan Bagikan
AKBP I.G.G Era Adhinata saat menyampaikan laporannya kepada Presiden Joko Widodo (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Pada perayaan HUT Bhayangkara ke-75, dari istana Presiden melalui live streaming Channel Youtube Kesekretariatan Presiden tanggal 1 Juli 2021, Presiden Ir. H. Joko Widodo menyapa dan menanyakan situasi keamanan di seluruh wilayah pelayanan Polres se-Indonesia.

Dalam kesempatan yang penuh khidmat tersebut, Presiden Jokowidodo pertama-tama menyapa Polres Mimika dan menanyakan situasi keamanan di Timika.

“Yang pertama saya ingin menyapa yang paling jauh, yaitu Polres Mimika. Polres Mimika, saya ingin mendapatkan laporan mengenai keamanan di sana. Silahkan Pak Kapolres,” ungkap Jokowi dan mempersilahkan Kapolres Mimika, AKBP I. G. G. Era Adhinata untuk menyampaikan laporannya.

Kapolres Mimika, AKBP I.G.G Era Adhinata dari Markas Besar Polres Mimika di Mile 32 menyampaikan bahwa situasi wilayah Timika sampai saat ini dalam keadaan aman dan kondusif.

Disampaikan juga, dalam melakukan penanganan kepada KKB hingga saat ini berjalan dengan baik. Hal ini tentunya tidak terlepas dari upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh operasi Nemangkawi dan satuan tugas TNI-Polri di wilayah Mimika yang berjalan secara sinergis.

Dalam kurun waktu tahun 2021, hingga saat ini di wilayah Timika belum ada aksi gangguan keamanan yang dilakukan oleh KKB. Khususnya di wilayah Tembagapura telah terjadi penolakan keberadaan KKB oleh masyarakat setempat.

Saat ini Polres Mimika didukung satuan TNI dan Pemkab sedang melaksanakan program pengembangan pertanian, peternakan dan pendidikan kepada anak-anak Papua terutama anak-anak usia dini yang dinamakan program “Polisi Pi Ajar di Sekolah”. 

Selain itu, juga ada program Poskamling yang disebut Pos Peduli Keamanan (Pos PEKA) sebanyak 190 pos, dimana pembangunannya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Keberadaan pos tersebut sangat membantu aparat keamanan dalam mendeteksi gangguan keamanan dan potensi konflik yang ada di Mimika serta membantu dalam penanggulangan covid-19.

Langkah-langkah Polres Mimika dalam mengantisipasi adanya gangguan keamanan adalah dengan mensinergikan unsur intelijen yang ada di Mimika agar dapat mendeteksi setiap ancaman yang ada, sehingga dengan cepat dapat merespon, menyusun langkah-langkah antisipatif untuk melakukan pengamanan. Hal ini sesuai dengan program dari Kapolri.

“Bapak Presiden, demikian yang bisa saya laporkan. Mohon arahan dari Bapak Presiden,” ungkap AKBP Era.

Pantauan Salam Papua, perayaan HUT Bhayangkara ke-75 di Polres Mimika berlangsung khidmat dirangkaikan dengan pemberian penghargaan anggota Polres tertua dan termuda, sejumlah Bhabinkamtibmas, Babinsa terkait pendukung Pos Peka.

Acara dihadiri Petinggi TNI, Pemkab Mimika, sejumlah tokoh agama, masyarakat, pemuda dan Ormas. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar