Pemkab Mimika Bersama PTFI Gelar Vaksinasi Massal Bagi Karyawan dan Keluarganya di Kuala Kencana

Bagikan Bagikan
Situasi pelaksaan vaksinasi massal kepada karyawan PTFI dan keluarganya di Kuala Kencana (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan PT. Freeport Indonesia (PTFI) pada Jumat (2/7/2021) melaksanakan vaksinasi covid-19 secara massal kepada warga di area Kuala Kencana yang notabene merupakan karyawan PTFI dan keluarganya.

Vice President Bidang Hubungan Pemerintahan PTFI, Jonny Lingga menjelaskan, sebelum pelaksanaan vaksinasi massal kepada warga di area Kuala Kencana PTFI, tim telah melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada warga, agar warga juga mendukung program pemerintah dalam mengatasi penyebaran Covid-19 dengan mau divaksin.

Vaksinasi massal kepada warga Kuala Kencana PTFI dilakukan pada dua tempat yang berbeda dan akan berlangsung selama 4 hari ke depan dengan target satu hari sebanyak 600 orang.

Jenis vaksin yang diberikan kepada warga di area Kuala Kencana PTFI merupakan jenis vaksin sinovac.

Jonny mengatakan, ini merupakan inisiatif Pemkab Mimika melalui Dinas Kesehatan, karena Kuala Kencana juga merupakan bagian dari Komunitas yang utuh dari Kabupaten Mimika, meskipun di satu sisi PTFI sedang melaksanakan vaksinasi gotong royong.

Menurutnya, area Kuala kencana bisa menjadi penyebaran Covid-19 jika tidak ditangani secara cepat sehingga Dinkes berinisiatif untuk melakukan vaksinasi massal kepada warga di area Kuala Kencana agar membantu percepatan vaksinasi.

Tambahnya, untuk memperoleh vaksinasi gotong royong, PTFI harus berusaha keras karena banyak hal yang harus dipenuhi.

"Sampai sekarang kami baru berhasil mendatangkan vaksinasi sebanyak 11 ribu padahal ngurusnya sudah 3 bulan, sehingga kita berterimakasih sekali kepada Pemerintah Kabupaten Mimika karena sudah mau melakukan vaksinasi massal kepada warga di area Kuala Kencana yang notabene adalah keluarga PTFI, dan targetnya sebelum 17 Agustus semua warga yang ada di area Kuala Kencana sudah selesai di vaksin," tuturnya.

Sementara bagi keluarga karyawan PTFI yang berada di area dataran tinggi, PTFI mengupayakan vaksinasi gotong royong.

Dia mengaku, kurang lebih 1.700 karyawan PTFI yang sudah menerima vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua, serta kurang lebih 2.300 karyawan PTFI telah menerima vaksinasi dosis pertama. 

Di samping itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan bahwa dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 hanya ada dua hal yang harus dilaksanakan yakni Disiplin jaga Prokes dan memperoleh vaksinasi.

Menurutnya, semua orang punya hak yang sama untuk memperoleh vaksinasi, namun semua orang  punya kewajiban yang sama untuk menerapkan Prokes.

Kata Rey, Vaksinasi massal kepada warga di area Kuala Kencana merupakan bagian dari respon cepat  Pemkab Mimika.

Kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika dalam dua Minggu terakhir meningkat, kondisi ini Dia sebut sama seperti kasus yang terjadi pada awal tahun 2021 dan PTFI merupakan salah satu penyumbang terbesar kasus Covid-19 di Mimika dan Kuala Kencana sebagai Gardu PTFI juga harus ditangani secara cepat sehingga dapat memberikan perlindungan kepada warga di area Kuala Kencana dan mencegah penyebaran sehingga hari ini Pemkab Mimika bekerjasama dengan PTFI memberikan vaksinasi secara massal kepada warga di area Kuala Kencana PTFI.

"Kurang lebih 50.000 dosis vaksin yang telah diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika sedangkan jumlah  warga yang divaksin telah mencapai 92 persen dari target 39.000 orang, itu artinya stok vaksin kita masih banyak," ujar Pria Kelahiran Fak-Fak itu.

Dia pun berharap kepada semua masyarakat untuk tidak menolak divaksin dan tidak percaya terhadap isu- isu miring tentang vaksinasi. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar