Tidak Ada Dualisme, BPW GBI Mimika Diketuai Pdt. Meirets Toisuta Bukan Pdt. Dr. Jeffry Hutagalung

Bagikan Bagikan
Foto bersama usai konferensi pers, kiri ke kanan: Pdt. Septinus Ohee (GBI Petrus), Pdt. Meirets Toisuta (Ketua BPW GBI Kab. Mimika), Pdt. Yanshen Ezzaiworumy, (Sekretaris BPW GBI Kab. Mimika), Pdt. Bondi Patoh (BPD GBI Teluk Cendrawasih), Pdm. Joyce Iskandar (Wakil Sekretaris BPD GBI Kab. Mimika) (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Badan Pengurus Wilayah (BPW) Gereja Bethel Indonesia (GBI) Mimika memastikan bahwa saat ini tidak ada lagi dualisme kepemimpinan BPW GBI di Mimika. 

Dijelaskan, BPW GBI Mimika diketuai oleh Pdt. Meirets Toisuta setelah dikeluarkannya surat dari Badan Pengurus Harian (BPH) GBI Pusat tertanggal 21 Juni 2021 serta surat keputusan BPD Teluk Cenderawasih Papua GBI perihal penetapan BPW GBI Mimika yang sah dalam wilayah pelayanan BPD Teluk Cenderawasih Papua GBI tanggal 25 Juni 2021.

Dalam surat BPH GBI telah memutuskan dan menetapkan bahwa BPW GBI Mimika beserta seluruh pejabat gereja dan jemaat lokal GBI yang berada dalam wilayah pelayanan se-Kabupaten Mimika Provinsi Papua tetap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari struktur Organisasi BPD GBI Teluk Cenderawasih Provinsi Papua. 

Berdasarkan diktum pertama keputusan ini maka segala keputusan sebelumnya yang berhubungan dengan status BPW GBI Mimika sebagaimana yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Sidang Majelis Daerah Papua tahun 2020 nomor 005/SMD/GBI-P/III/2020 dinyatakan batal dan tidak berlaku.

Pengangkatan Pendeta Pembantu dan Pendeta Muda dari wilayah pelayanan BPW GBI Mimika melalui surat keputusan sidang Majelis Daerah GBI Provinsi Papua Tahun 2021 Nomor 006/SMD/GBI-P/IV/2021 dinyatakan batal dan tidak berlaku.

Proses kepejabatan gereja dari mereka yang namanya tercantum dalam Surat Keputusan yang dinyatakan batal dan tidak berlaku pada diktum ketiga tersebut di atas akan diproses secara khusus sesuai aturan yang berlaku dalam Sidang Majelis Daerah GBI Teluk Cenderawasih Tahun berikutnya.

Apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan pada keputusan ini, akan diperbaiki sebagaimana mestinya. Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Surat ini ditandatangani Ketua Umum BPH GBI, Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham dan Sekretaris Umum BPH GBI, Pdt. Dr. Josaf Mesach, M.Th.

Demikian pula pada surat yang dikeluarkan oleh BPD Teluk Cenderawasih dengan nomor 016/5-XVI/SU/BPD-029/VI/2021 tentang Penetapan Badan Pekerja Wilayah GBI Kabupaten Mimika yang sah dalam wilayah Papua Teluk Cenderawasih GBI, bahwa merujuk pada Surat Keputusan BPH GBI nomor 014/S-XVI/SK/BPH GBI/V1/2021, perihal Penetapan Wilayah BPD Teluk Cenderawasih Provinsi Papua GBI tanggal 21 Juni 2021, maka kesempatan yang berbahagia ini kami sampaikan bahwa BPW GBI Mimika beserta seluruh pejabat gereja dan jemaat lokal GBI berada dalam wilayah pelayanan se-Kabupaten Mimika Provinsi Papua tetap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari struktur organisasi BPD GBI Teluk Cenderawasih Provinsi Papua.

Adapun struktur kepengurusan organisasi yang sah BPW GBI Mimika Provinsi Papua adalah sesuai Surat Keputusan BPD Teluk Cenderawasih Provinsi Papua GBI nomor  004/S-XVI/SK/BPD- 029/IX/2019 tentang pengurus BPW GBI Mimika Periode 2019-2023 tanggal 9 September 2019 yaitu Pdt. Meirets Toisuta (Ketua), Pdt. Albert Lauw (Wakil Ketua), Pdt. Yanshen Q. Ezzaiworumy (Sekretaris), Pdm. Joyce Iskandar (Wakil Sekretaris) dan Pdm. Mekky Ferly Putong (Bendahara).

Setelah diterbitkannya Surat Keputusan BPH GBI nomor 014/S-XVI/SK/BPH GBI/VI/21, maka Surat Keputusan Sidang Majelis Daerah Papua nomor 005/SMD/GBI-P/III/2020 yang merupakan dasar untuk mengeluarkan Surat Keputusan BPD Papua nomor 031/SK/S-XVI/BPD/009/CB/III/2020 tentang pengangkatan Pdt. Dr. Jeffry Hutagalung, M.Th, M.Pd sebagai PH BPW Mimika, tanggal 18 Maret 2021 dinyatakan batal dan tidak berlaku.

Pelantikan Pengurus BPW GBI Mimika 2019 - 2023 BPD Teluk Cenderawasih di GBI Rock Mimika

Dengan demikian diimbaukan bahwa apabila ada pengurus organisasi yang mengatasnamakan BPW GBI Mimika yang tidak sesuai dengan Pengurus Organisasi BPW GBI Mimika pada point kedua di atas maka mohon tidak dilayani.

Ketua BPW GBI Mimika, Pdt. Meirets Toisuta menjelaskan, keputusan dari sidang majelis BPD Papua dan sidang BPD Teluk Cenderawasih setelah berjalan dengan waktu yang lama dan melalui proses tata gereja serta  kemudian diarahkan ke BPH GBI di Jakarta.

“BPH GBI Jakarta datang ke Timika tanggal 17 Juni lalu dan mengadakan pertemuan dengan seluruh pejabat gereja. Setelah mereka kembali ke Jakarta, maka SK tersebut di atas langsung dikeluarkan. Makanya saat ini sangat penting diketahui oleh seluruh jemaat terkait SK tersebut bahwa BPW Mimika ini hanya satu saja. Supaya tidak ada lagi anggapan bahwa GBI Mimika bermasalah, karena adanya dualisme,” ungkap Pdt. Meirets saat melakukan konferensi pers di Kantor BPW GBI Mimika jalan Cenderawasih, Senin sore (5/7/2021).

BPW GBI Mimika di bawah BPD Teluk Cendrawasih di Biak. Namun, kemudian ada kelompok yang ingin memisahkan diri dari BPW Mimika dan mau bergabung ke BPD lainnya di Papua.

“Hal itulah yang menjadi permasalahan sejak tahun 2009 hingga saat ini. Kita mau supaya hirarki sejarah organisasi itu diperjelas,” katanya.

Sebelum adanya SK BPH dan BPD ini tentu ada kerugiannya, dimana selama ini di pihak Pemkab Mimika menganggap bahwa ada dua kepemimpinan pada tubuh BPW GBI di Mimika. Demikian juga anggapan dari gereja lainnya, sehingga dengan adanya surat tersebut telah menyelesaikan permasalahan yang selama ini terjadi.

“Setelah adanya dua surat itu maka kami sudah masukkan ke Pemkab (Mimika). Juga akan dimasukkan ke Kantor Kementerian Agama, FKUB dan ke gereja-gereja agar diketahui bahwa di Timika sudah tidak ada lagi dualisme, tapi hanya satu saja di bawah BPW Timika dan BPD Teluk Cenderawasih,” ujarnya. (Acik)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Damailah Negeriku, Gereja harus jd contoh pembawa damai....

    BalasHapus
  2. Pada akhirnya, yang banyak bicara akan dianggap benar meskipun yang mereka lakukan sebelumnya adalah salah. Sadarlah, wahai hamba Tuhan..

    BalasHapus