Wakapolda Papua Kunjungi Kelompok Seni Ukir Suku Kamoro di Mimika

Bagikan Bagikan
Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto,S.I.K.,M.Si saat mengunjungi kelompok Tradisi Seni Ukir Suku Kamoro di Poumako (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto,S.I.K.,M.Si., beserta rombongan mengunjungi kelompok Tradisi Seni Ukir Suku Kamoro di Poumako, Minggu (4/7/2021).

Adapun yang hadir dalam rombongan yakni, Dir Binmas Polda Papua, Kombes Pol. Gatot Aris Purbaya, Dir Polair Polda Papua, Kombes Pol. Ir. Kasmolan, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Mustofa Kamal, Kabid Keu Polda Papua, Kombes Pol. Widianto Wahyu Nugroho dan Wadir Intelkam Polda Papua, AKBP Angling Guntoro.

Dalam rilis yang diterima Salam Papua, Wakapolda Papua melakukan kunjungan ke kelompok Tradisi Seni Ukir Suku Kamoro di Poumako karena merupakan binaan Binmas Noken Sat Pol Airud Polres Mimika yang dibentuk dengan maksud untuk menjaga nilai-nilai Budaya masyarakat Suku Kamoro, dalam hal ini melalui Seni Ukir dan juga untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri.

Sementara itu Kasat Polairud Polres Mimika, AKP Frits Erari di sela-sela kegiatan tersebut mengatakan, melalui Program Binmas Noken, pihaknya membentuk kelompok Seni Ukir Kamoro karena bagian dari ‘Tifa Mimika’.

“Kami implementasikan ke dalam istilah, Tifa Mimika (Torang Insan Paham Adat Mimika) yang mana kami bentuk dalam kelompok Seni Ukir ini,” ungkap AKP Frits.

Selain Program Binmas Noken yang saat ini tengah dijalankan oleh Polda Papua, juga ada yang namanya Program KASUARI (Kesejahteraan Untuk Anak Negeri).

“Yang mana ini sangat sejalan dengan apa yang kita lakukan saat ini dengan maksud untuk memberikan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat Papua demi meningkatkan perekonomian masyarakat Papua,” ujarnya.

Dijelaskan, pada kesempatan tersebut Wakapolda Papua langsung melihat dan membantu aktivitas Kelompok Seni Ukir Suku Kamoro dalam mengukir karyanya dan juga memberikan bantuan sembako serta alat-alat kerja. (Red)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar