SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Sekolah SMAN 5 Sentra Pendidikan, Yohanes Napan mengungkapkan bahwa hingga saat ini masih banyak siswanya yang belum masuk sekolah usai liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Siswa-siswi yang saat ini belum masuk sekolah berasal dari wilayah pesisir dan pegunungan Mimika. Seperti biasanya, siswa-siswi dimaksud belum kembali karena terkendala transportasi.

"Kegiatan belajar dan mengajar (KBM) kami saat ini masih belum optimal karena banyak siswa yang  masih di pedalaman seperti di Potowaiburu, Akar, Mapar, Amar, Ararau, Tsinga, Agimuga dan beberapa wilayah jauh lainnya di pesisir dan pegunungan. Biasanya mereka belum kembali karena kesulitan transportasi," ungkap Yohanes saat ditemui salampapua.com, Senin (15/1/2024).

Disampaikan, jumlah siswa-siswi SMAN 5 Sentra Pendidikan saat ini sebanyak 351 dan 75% berasal dari pedalaman dan pesisir Mimika.

"Sekarang KBM bersama anak-anak yang ada saja. Kami tidak bisa menyalahkan anak-anak yang terlambat masuk karena kita tahu kondisi mereka yang orang tuanya jauh dari kota," katanya.

Selain hal itu, Yohanes juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah mempersiapkan tim Arkas yang terdiri dari Bendahara, komite sekolah dan perwakilan guru untuk pengelolaan dana Bantuan Operasi Sekolah (BOS) tahun 2024. Tim Arkas ini akan mendata berapa besaran dana BOS untuk satu tahun serta mempresentasikan kegunaannya.

"Tahun ini anggarannya belum diterima tapi kita siapkan memang tim Arkas untuk nanti menginput," katanya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy