SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dua orang pria bertato ditangkap anggota Satreskrim Polres Mimika di Kilometer (Km) 11 Timika, sekira pukul 13.00 WIT, Senin (26/2/2024).

Kasatreskrim Polres Mimika, Iptu Fajar Zadiq mengungkapkan, sebelumnya sekira pukul 10.00 WIT dua pria tersebut melakukan percobaan perampokan di rumah salah satu warga yang berdomisili di kompleks depan SPBU Hasanuddin Timika.

"Hari ini kami menangkap dua pelaku percobaan perampokan di jalan Hasanuddin. Keduanya ditangkap di Km 11," ungkap Iptu Fajar.

Dikatakan bahwa dua pelaku tersebut membuntuti korban yang baru keluar dari salah satu Bank hingga ke rumah korban di kompleks depan SPBU Hasanuddin. Kedua pelaku mengintai aktivitas korban hingga memanfaatkan kesempatan saat korban meninggalkan rumahnya menuju SPBU Hasanuddin untuk mengisi BBM. Namun keberadaan kedua pelaku diketahui istri korban dan langsung berteriak sembari menelepon suaminya (korban).

"Begitu mendapat telepon dari istrinya, korban bergegas kembali ke rumahnya dan sempat mendapati dua pelaku itu. Salah satu pelaku sempat menyerang korban menggunakan senjata tajam yang menyebabkan tangan korban  terluka," ungkapnya.

Dua pelaku tersebut melarikan diri ke arah lampu merah jalan Hasanuddin setelah korban dan istrinya berteriak minta tolong.

"Dua pelaku itu lari ke lampu merah Hasanuddin dan di situ sudah ada mobil yang menunggu mereka dan kabur. Kemungkinan mobil yang jemput kedua pelaku itu merupakan bagian dari komplotannya," katanya.

Saat ditangkap, dua pelaku bertampang sangar itu berupaya melawan dan melarikan diri ke dalam hutan di Km 11 sehingga Polisi melakukan tindakan tegas terukur.

Berdasarkan hasil interogasi, dua pelaku merupakan sindikat perampok antar Provinsi. Salah satu aksi yang pernah dilakukan di Timika ialah perampokan dengan dengan cara memecahkan kaca mobil yang terjadi di depan Manna Bekery Jalan Cenderawasih pada bulan Desember 2023. Atas aksi tersebut, korban kehilangan uang kurang lebih Rp 290.000.000.

"Dua pelaku ini diduga sindikat lintas Provinsi karena memang salah satunya berasal dari Jawa Timur," jelasnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy