badan pendapatan daerah
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Translate

Dana Desa Rp 300 Juta Kampung Kulamagom Mimika Hilang di Dalam Mobil Rental

Bagikan Bagikan
AKP Hermanto (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Untuk kesekian kalinya dana desa di Mimika hilang dicuri orang tidak dikenal (OTK), dan kali ini menimpa Kampung Kulamagom Distrik Hoya sebesar Rp 300 juta.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 18.30 WIT tanggal 23 Desember lalu di sekitaran jalan C Heatubun saat Kepala Kampung Kulamagom, Martinus Egarmang mampir membeli tiket ke ruko penjualan tiket pesawat.

Kasatreskrim Polres Mimika, AKP Hermanto mengaku telah menerima laporan kehilangan dana desa tersebut. Kronologisnya adalah korban menuju agen pesawat dengan menyewa mobil rental langganan, akan tetapi untuk melakukan perjalanan lanjutan ke Bandara, korban mengganti mobil rental lain dengan sopir yang juga berbeda.

Menurut AKP Hermanto, minimnya cctv di TKP menyulitkan penyelidikan, sehingga yang bisa memantau hanya cctv dari sebrang jalan yang berhadapan dengan ruko agen pesawat tersebut.

“Tangkapan cctv itu terhalang pagar, makanya tidak bisa fokus ke mobil dan posisi kepala kampungnya. Memang di cctv terlihat saat korban pindah dari agen cargo dan agen penumpang masih terlihat menenteng tas berwarna merah berisi uang tersebut, tapi ternyata setelah selesai timbang badan, korban kembali ke mobil dan menyimpan tas uang di kursi bagian tengah,” kata AKP Hermanto di ruang kerjanya, Selasa (29/12/2020).

Yang melaporkan peristiwa tersebut adalah anak kandung dari Kepala Kampung Kulamagom yang juga sebagai sekretaris kampung. Saat bapaknya meninggalkan mobil berisi tas uang tersebut, anaknya sempat menanyakan apakah pintu mobil terkunci atau tidak. Selanjutnya korban ditemani anaknya mengecek tas uang tersebut dan ternyata telah hilang.

Sopir mobil rental terkait juga telah dimintai keterangan, akan tetapi sopirnya mengaku bahwa saat korban menyimpan uang sopir, tersebut tidak berada di dalam mobil.

“Tas di simpan dalam mobil yang dia sewa untuk hantar ke bandara. Disimpan di kursi bagian tengah, karena dia bolak-balik ke ruko agen yang menimbang badan makanya dia lupa kunci pintu, sehingga tas uangnya raib. Intinya kami akan terus melakukan pengusutan,” ungkapnya.

Peristiwa hilangnya dana desa merupakan yang keempat kalinya di Mimika tahun 2020. Salah satunya tanggal 9 Juni lalu dana desa sebesar Rp 250 juta milik Kampung Tagalarama Distrik Alama raib di salah satu rumah makan di jalan Sam Ratulangi.

“Sudah empat kasus yang sama terjadi di tahun 2020 dan baru satu kasus yang menimpa kepala kampung Poumako sudah terungkap,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus