pemerintah kabupaten mimika

Translate

Bupati Mimika: Apapun Situasinya, Warga Tiga Kampung Tidak Boleh Salahkan Pemkab dan PTFI

Bagikan Bagikan

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., MH (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Pasca dipulangkannya mulai tanggal 20 Januari lalu, saat ini santer terdengar informasi bahwa sebagian warga tiga kampung mengalami kesulitan tempat tinggal hingga harus numpang di gedung sekolah.

Menanggapi informasi ini, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE.,MH mengatakan, apapun situasi yang terjadi di wilayah tersebut, maka  warga tidak boleh menyalahkan Pemkab Mimika dan PT Freeport Indonesia (PTFI), mengingat kepulangan warga tiga kampung bukan kemauan Pemkab ataupun PTFI, tetapi merupakan keinginan sendiri.

“Di atas itu rumah-rumah sudah rusak. Atap sudah bocor semua, pintu dan jendela sudah dibongkar semua. Di dalam semuanya sudah rusak. Makanya kita pertahankan supaya mereka tidak pulang. Kita sudah bahas supaya tentukan apa saja yang akan ditangani Pemerintah dan apa yang ditangani PTFI. Itu semua sementara dibahas, warga sudah desak dan demo. Yah sudah saya putuskan kepulangan mereka,” katanya usai peresmian Sekretariat SUB PB PON Mimika di jalan poros SP2 ke SP5, Jumat (29/1/2021).

Menurut Bupati Omaleng, kondisi yang saat ini dirasakan adalah konsekuensi atas kemauan warga sendiri. Dengan demikian, keluhan-keluhan yang saat ini terdengar harus dihadapi.

Pasalnya, sejak awal Pemkab Mimika dan tim khusus termasuk PTFI telah melakukan rapat dengan harapan agar semua fasilitas untuk masyarakat itu dibenahi sebelum semuanya dikembalikan. Namun lantaran warga tiga kampung terus mendesak, maka terpaksa diikuti dan warga pun dipulangkan.

Dijelaskan bahwa warga tiga kampung yakni Banti I, Banti II dan Opitawak dipulangkan dengan pengawalan ketat TNI-Polri.

Meski demikian dia mengaku, bantuan sosial tetap akan jalan secara perlahan untuk kelangsungan hidup warga tersebut.

“Bantuan tetap jalan. Pemerintah tidak lupa, karena itu masyarakat kita,” tuturnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Singkat kata untuk keuntungan luar biasa yang Anda bantu saya dapatkan hanya dalam seminggu dengan strategi opsi biner, maaf saya ragu pada awalnya, saya menginvestasikan $ 200 dan menghasilkan $ 2.500 hanya dalam satu minggu, dan terus berinvestasi lebih banyak, hari ini saya secara finansial berhasil, Anda dapat menghubungi dia melalui email: carlose78910@gmail.com
    Melalui whatsapp: (+12166263236)
    Saya menyarankan Anda tidak perlu ragu. Dia hebat.

    BalasHapus