pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Penipuan “Pemesan Makanan” Kembali Marak di Mimika, Pengusaha Kuliner Ekstra Hati-Hati

Bagikan Bagikan

Bukti transferan dan no hp yang dipakai pelaku memesan makanan serta no hp yang diminta diisikan pulsa  (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Warga Mimika khususnya pengusaha kuliner diminta ekstra hati-hati melayani customer yang memesan makanan via telepon.

Sekitar pukul 19.00 WIT, tanggal 14 Januari kemarin, seorang pelaku penipuan via telepon menggunakan nomor 0852 4820 8261 sengaja memesan menu belasan porsi ikan bakar di Waanal Coffee dan Resto yang terletak di jalan poros SP3 Mimika. Pelaku yang mengaku bernama Kevin dan merupakan personil Polres itu menjanjikan akan mengambil pesanannya pada sekitar jam 10.00 WIT di tanggal 15 Januari.

Nelly selaku Supervisor Waanal Coffee dan Resto mengatakan, pelaku sengaja menolak dan tidak memberitahu alamatnya dengan alasan akan mengambilnya sendiri, akan tetapi tidak kunjung datang hingga melewati waktu yang dijanjikan yakni jam 10 siang.

“Dia mengaku nama Kevin dari Polres. Dia telepon via WA dan seperti customer pada umumnya, dia tanya-tanya menu dan akhirnya dia mau ikan bakar atas nama Polres. Awalnya dia bilang mau diantar malam itu juga, tapi karena tidak bisa diantar, makanya dia bilang besok siangnya saja dia ambil sendiri. Saat kami tanya alamatnya, dia bilang akan datang ambil sendiri. Pesanannya sudah kami siapkan sebelum jam 10, tapi kita tunggu dan telepon ke nomornya tidak aktif sampai sekarang,” kata Nelly kepada Salam Papua, Jumat (15/1/2021).

Saat mengorder, pelaku juga meminta nomor rekening guna mentransfer bayarannya. Nomor rekening pun dikirim kepada pelaku dan selang beberapa waktu kemudian pelaku mengirim bukti transfer, tetapi dalam bukti transfer tersebut tidak tercantum kode bank. Bukti transfer pun ada dua latar, dimana yang dibagian depannya tertera bahwa transaksi berhasil, nominal transferan dan jam transfer, tetapi yang dibagian belakangnya tidak tertera apa-apa.

Selain kejanggalan itu, jumlah uang yang ditransfer seharusnya hanya Rp 1.091.000, tetapi pelaku mentransfer lebih yakni Rp 1.650.000. dengan catatan Rp 500.000 untuk mengisikan pulsa ke no 082229068716. Pengisian pulsa ke nomor tersebut juga disertai ancaman agar dipercepat, karena pulsa tersebut untuk Kasatreskrim.

 Atas peristiwa ini, Nelly juga mengingatkan agar resto atau coffee shop lain tidak menjadi korban lantaran modus serupa.

“Ini jadi pengalaman juga untuk lebih berhati-hati ke depannya. Juga sebagai pelajaran untuk resto dan coffee shop lainnya supaya bisa berjaga jaga, karena di masa pandemi  ini mungkin banyak yang kesulitan, sehingga memilih cara yang salah dan salah satunya penipuan seperti yang saat ini terjadi,”  ujar Nelly. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165A titik com sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165A titik com paling best ya guys...Click Disini

    BalasHapus
  2. Hobi bermain slot online, Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback 100% Dengan syarat TANPA TO,
    dan anda bisa mencoba meraih kemenangan anda di kesempatan kedua,
    cek promosi bisa disini: https://biolinky.co/linkpromo

    BalasHapus