badan pendapatan daerah
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Translate

Tolak Divaksin, Karyawan PTFI Palang Jalan di Ridge Camp Mile 72 Tembagapura

Bagikan Bagikan

Situasi saat pekerja melakukan aksi pemalangan jalan (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Tolak pelaksanaan vaksinasi dalam mencegah penyebaran covid-19, sekelompok pekerja yang mengatasnamakan perwakilan putra pribumi melakukan aksi pemalangan jalan di Ridge Camp Mile 72 wilayah pertambangan PT. Freeport Indonesia (PTFI) di Tembagapura.

Wakapolres Mimika, Kompol Sarraju S.H mengatakan bahwa pemalangan berlangsung kurang lebih satu jam lebih dan akses telah dibuka kembali. Dalam aksi ini tidak ada hal yang bersifat menonjol, karena komunikasi antara manajemen, aparat keamanan dan sekelompok pekerja ini bisa terjalin.

“Aksi ini berlangsung tidak lama. Karena adanya komunikasi bersama yang baik, maka pemalangan sudah dibuka dan para pekerja ini pun sudah melakukan aktivitas seperti biasa,” kata Kompol Sarraju di ruang kerjanya, Rabu (7/4/2021).

Dijelaskan bahwa untuk persoalan yang terjadi, unsur aparat keamanan hanya bersifat mendampingi dan memfasilitasi antara kelompok yang melakukan aksi dan pihak manajemen. Untuk penjelasan lebih terinci tentunya disampaikan pihak manajemen kepada karyawan dimaksud.

Menurut dia, sebelumnya aparat keamanan telah mendapat informasi tentang akan adanya aksi tersebut, kemudian Kapolsek Tembagapura dan unsur pengamanan di wilayah Tembagapura mendatangi serta berkomunikasi bersama sekelompok pekerja dimaksud. Selanjutnya didampingi dan  diarahkan ke kantor manajemen di mile 68 agar mendapatkan informasi terkait hal-hal yang akan disampaikan yang berhubungan dengan penolakan vaksinasi.

Kompol Sarraju juga mengatakan bahwa vaksinasi ini merupakan program nasional, sehingga Pemkab Mimika maupun PTFI saat ini sementara menjalankan program terencana tersebut guna pencegahan covid-19. Dengan demikian diharapkan jika ada kelompok ataupun warga Mimika yang belum mengetahui atau memiliki keraguan untuk divaksin, maka bisa meminta penjelasan kepada pihak yang berkepentingan.

“Vaksinasi ini bukan hanya dilakukan di Indonesia, tapi di seluruh dunia sebagai upaya mencegah meningkatnya korban covid-19. Vaksinasi ini bertujuan memberikan kekebalan (tubuh), sehingga seluruh masyarakat bisa memiliki imunitas yang baik,” jelasnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar