Bantuan Sosial Kemensos di Kokonao Mimika Dipotong, Dari Rp 300 Ribu Menjadi Puluhan Ribu

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) – Di tengah pandemi covid-19 ini, masyarakat harusnya menerima bantuan dari pemerintah secara utuh, namun hal ini diduga tidak berlaku di Kokonao Distrik Mimika Barat.

Dimana, bantuan sosial tunai (BST) selama pandemi covid-19 yang disalurkan Kementerian Sosial (Kemensos) yang seharusnya sebesar Rp 300 ribu tetapi diduga dipotong, sehingga yang diterima setiap kepala keluarga hanya berjumlah puluhan ribu saja.

Seperti yang diketahui, tahap pertama bantuan dana BST untuk tiap kepala keluarga jumlahnya sebesar Rp 600 ribu, kemudian beberapa tahap berikutnya berkurang menjadi Rp 300 ribu.

Informasi dugaan pemotongan BST ini pun sampai ke meja Satreskrim Polres Mimika. Saat ini pun Satreskrim Polres Mimika sementara melakukan penyelidikan ke Kokonao.

“Tanggal 17 Juli 2021 saat malam hari, Tim Unit Tipikor Satreskrim Polres Mimika bertolak ke Kokonao untuk melakukan penyelidikan terkait kasus ini,” kata Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto, Senin (19/7/2021).

Menurut AKP Hermanto, informasi yang diterima, dana BST dari Kemensos tersebut disalurkan melalui Kantor Pos dan dilanjutkan ke Pemerintah Kampung untuk dibagikan ke masyarakat tujuh kampung yang ada sejumlah Rp 300 ribu. Namun yang sampai ke tangan warga penerima hanya berkisar puluhan ribu saja.

"Kita akan selidiki, karena yang harusnya Rp 300 ribu, tapi yang diterima warga hanya puluhan ribu saja,” tuturnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar