Dinsos Mimika: Penerima BST Tahun ini Hanya 1.600 KK, Ada Juga BSB 10 Kg Per-Tiga Bulan

Bagikan Bagikan
Kadinsos Mimika, Petrus Yumte (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Petrus Yumte mengaku bahwa tahun ini penerima bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI hanya sebanyak 1.600 KK di seluruh Distrik yang ada di Mimika.

Petrus mengatakan, bukan Dinsos Mimika yang kurangi jumlah penerima BST tersebut, tetapi dikurangi dari Kemensos RI.

Dinsos Mimika pun hingga saat ini belum mendapatkan informasi dari Kemensos terkait alasan pengurangan jumlah penerima BST di Mimika.

Sesuai yang diusulkan Dinsos Mimika, jumlah penerima Bansos di Mimika seharusnya sebanyak 8000 lebih KK, tetapi kemudian dari Kemensos dikurangi menjadi 6000, menjadi 5000 dan saat ini menjadi 1.600 KK.

“Bukan dari kami yang kurangi, tapi itu dari kementerian. Memang usulan data dari kita di Dinsos dan yang diusulkan sebanyak 8000 lebih KK, tapi kemudian tahun ini dikurangi dari pusat menjadi 1.600 KK saja. Nominal per KK sama saja, ada yang Rp 600 ribu dan ada juga yang Rp 300 ribu,” katanya saat ditemui Salam Papua di kantor DPRD Mimika, Rabu (28/7/2021).

Dia mengungkapkan, Dinsos Mimika terus memantau penyaluran BST tersebut kepada masyarakat.

“Kita dari Dinsos dampingi terus penyalurannya. Beberapa hari lalu saya koordinasi bersama kantor POS,” ujarnya.

Di samping itu, dia juga mengaku bahwa penyaluran bantuan sosial beras (BSB) bagi masyarakat terdampak PPKM telah mulai dilakukan ke seluruh Distrik di Mimika.

Bansos dari Kemensos terus dilakukan selama pandemi covid-19, dalam hal ini selain BST juga ada BSB. Untuk setiap warga KPM yang selama ini terima PKH dan BST akan mendapat BSB sebanyak 10 kg pertiga bulan.

“Kita sudah lounching. Pihak Bulog dan pendampingan dari Dinsos Mimika sudah mulai salurkan di Distrik Mimika Baru,” ungkapnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar