Kesbangpol Mimika Gelar Sosialisasi Penguatan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Bagikan Bagikan
Foto bersama di sela-sela kegiatan Sosialisasi Penguatan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi penguatan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan di Hotel Horison Ultima Timika, Selasa (6/7/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekda Mimika, Michael Gomar ini diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari Anggota Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan pelajar.

Kegiatan dibagi dalam dua hari yakni Selasa (6/7/2021) dan Rabu (7/7/2021) dan Peserta dibagi dalam dua sesi yakni sesi pertama pada hari pertama sebanyak 100 orang dan sesi kedua pada hari kedua 100 orang.

Dalam sambutannya Sekda mengatakan, beberapa catatan harus digarisbawahi sebagai bentuk concern dan kewaspadaan dalam pelaksanaan pengawalan proses pembangunan demokrasi di Indonesia, yakni maraknya hoax bernuansa politik, budaya nyinyir, perang di sosial media, buzzer dan influenzer, serta berbagai bentuk ‘black campaign’ menjurus pada praktik tidak baik dalam berdemokrasi.

“Dapat kita jumpai adanya oknum masyarakat yang dengan mudah menyebarkan informasi hoax yang tidak jelas kebenaran dan sumber informasinya, yang juga mengemukakan pendapat pribadinya yang mengandung ujaran kebencian atau penghinaan terhadap individu maupun institusi yang bisa menyebabkan perpecahan bahkan pertikaian di antara masyarakat,” kata Sekda.

Untuk itu, lanjut dia, diperlukan upaya peningkatan rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta cinta tanah air, salah satunya melalui kegiatan sosialisasi ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan.

Hal ini menjadi PR bagi semua pihak dalam lingkungan keluarga dan dalam kehidupan bermasyarakat serta bersama seluruh komponen bangsa, yang mempunyai tanggung jawab moral dan tanggung jawab sosial untuk menyertai perjalanan demokrasi ini agar baik dan terarah.

“Ideologi Pancasila merupakan kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan dengan berdasarkan lima sila dalam Pancasila,” ujarnya. 

Sekda menjelaskan bahwa wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri sendiri dan lingkungannya yang didasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan nasional, namun sampai saat ini pemahaman wawasan kebangsaan masih kurang. Oleh karena itu perlu ada pemberian pemahaman tentang wawasan kebangsaan.

“Dengan semakin kuat dan kokohnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan dapat menjadi benteng kokoh dari pengaruh-pengaruh negatif yang disebabkan oleh perkembangan teknologi dan informasi,” jelasnya.

Dikatakan, Pemkab Mimika melalui badan Kesbangpol menyelenggarakan sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara, nilai-nilai patriotisme serta dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memupuk mental berkompetisi secara jujur dan sehat.

“Harapan saya dengan dilakukan kegiatan ini dapat menghasilkan manusia yang memiliki kecintaan terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI serta memiliki sikap mental yang berani bersaing dan berkompetisi secara sportif agar terwujud Mimika yang aman, cerdas damai dan sejahtera,” pesan Sekda.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan tersebut, Anton Bukaleng menjelaskan bahwa yang menjadi narasumber dalam sosialisasi itu adalah Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan, Ditjen politik dan Pembinaan Umum Kemendagri RI beserta staf.

Selain itu juga narasumber dari pihak KPU Mimika, Polres Mimika, Kodim 1710/Mimika, BNN Mimika, BAIS Mimika dan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika.

“Kegiatan ini untuk menguatkan pemahaman masyarakat tentang ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan sehingga dapat menguatkan rasa cinta tanah air, bela negara dan dapat mewujudkan Kabupaten Mimika yang aman, damai dan sejahtera,” katanya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar