Tingkat Kebutuhan Pasien Tinggi, Stok Darah di RSUD Mimika Masih Tersedia

Bagikan Bagikan
Lucky Mahakena (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mimika, Lucky Mahakena sebut persediaan stok darah di RSUD Mimika masih tersedia.

Lucky kepada wartawan mengatakan, tingkat kebutuhan pasien yang menggunakan darah setiap hari tinggi, namun pihak RSUD selalu mengupayakan agar stok darah tetap tersedia.

"Kebutuhan darah dalam satu hari fleksibel dan kita juga selalu pastikan stok darah tersedia. Kalaupun stok darah yang dibutuhkan kosong atau menipis, kita akan minta kepada pihak keluarga dan instansi vertikal untuk mendonor darah atau kita informasikan melalui media sosial," kata Lucky, Selasa (6/7/2021).

Selain itu, tim transfusi darah juga selalu mengupayakan darah tetap tersedia melalui bekerjasama dengan instansi yang melakukan kegiatan Baksos.

Terkadang stok darah menipis, Lucky menjelaskan, darah yang tersedia jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang panjang akan rusak.

"Darah yang sudah tersedia dalam kantong paling bertahan 2 Minggu, kalau lebih dari itu darah tersebut tidak lagi digunakan," ungkapnya.

Golongan darah yang paling banyak dibutuhkan adalah golongan darah A dan Golongan darah O dan AB. Lucky kembali memastikan bahwa saat ini semua golongan darah di RSUD masih tersedia. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar