Bupati Omaleng: Pelaksanaan PON XX di Mimika Tunggu Jawaban Presiden

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,S.E,M.H yang juga sebagai ketua Sub PB PON Kab. Mimika bersama tim PB PON Papua saat mengunjungi salah satu venue PON di Mimika (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengaku sudah menyurati Presiden RI, Joko Widodo melalui Gubernur Papua, Lukas Enembe terkait rencana pelaksanaan PON XX di Mimika dengan mempertimbangkan kondisi Mimika yang mengalami peningkatan kasus Covid-19, bahkan kasus kematian akibat pandemi ini pun cukup banyak.

“Sudah surati, kita harus tunggu jawaban Presiden. Kita tidak bisa bilang tunda dan lain-lain karena ini hajatan nasional,” kata Omaleng saat ditemui Salam Papua di Hotel Grand Mozza Timika, Senin (2/8/2021).

Namun menurutnya, situasi di Mimika saat ini harus menjadi pertimbangan penting.

“Kita lihat juga situasi saat ini setiap hari ada yang meninggal 5, 6 orang kalau PON jalan bagaimana?” ujarnya.

Ia menambahkan, Negara maju seperti Jepang tetap melaksanakan Olimpiade Tokyo 2020 pada akhirnya peningkatan kasus Covid-19 di Negara itu cukup tinggi, akan tetapi mereka punya sumber daya yang mumpuni untuk menanganinya.

Sementara di Kabupaten Mimika dengan segala keterbatasan fasilitas kesehatan, alat-alat kesehatan, tenaga medis dan lainnya yang menjadi pertimbangan jika kasus penularan Covid justru semakin tinggi saat PON nanti.

“Kita takut juga seperti itu karena kita lihat setiap hari banyak yang meninggal. Jadi kalau saya secara pribadi ditunda dulu tapi kita harus tunggu keputusan Presiden karena ini hajatan nasional,” pungkasnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar