Dinas Perikanan Mimika Bina Masyarakat Olah Ikan Persiapan PON dan Pesparawi

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Lientje Siwabessy menunjukkan produk olahan ikan yang siap dipasarkan (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Dinas Perikanan Kabupaten Mimika melatih masyarakat untuk mengolah ikan yang siap dipasarkan pada saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII se-Tanah Papua yang digelar di Timika.

Kepala Dinas Perinakanan Kabupaten Mimika, Lientje Siwabessy mengatakan, produk-produk olahan ikan seperti Ikan Asin, Abon ikan dan Naget Ikan tersebut sudah dikemas dan memiliki label.

"Pengolahan produk ikan ini telah mendapatkan pemeriksaan dari Dinas Kesehatan dan Loka BPOM Kabupaten Mimika dan produknya siap untuk dipasarkan," terang Lientje, Jumat (13/7/2021).

Agar produk olahan ikan lebih berkualitas, Dinas Perikanan Kabupaten Mimika telah berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk membangun gedung atau tempat yang layak sebagai tempat olahan yang baik.

Ia mengaku, produk olahan ikan  tersebut sudah dikirim ke beberapa daerah di wilayah Papua. Ke depan pihaknya akan membantu agar olahan ini bisa dipasarkan keluar daerah.

Dalam pengelolaan produk ikan tersebut, langsung diawasi oleh staf dari Kementerian kelautan dan perikanan.

"Bangunannya sudah dibangun tahun ini dan sudah hampir selesai. Tempat produk Ikan asin dibangun di pasar sentral, abon ikan dibangun di Sp3, naget di Timika dan ada juga di kampung Amamapare. Kita sengaja buatkan bangunan lengkap dengan prasarana sehingga olahannya lebih bermutu dan kelak bisa dipasarkan hingga keluar daerah bahkan keluar negari," katanya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar