Gubernur Papua Lukas Enembe pimpin Upacara HUT ke-76 RI

Bagikan Bagikan

Gubernur Lukas Enembe memimpin langsung upara HUT Ke-76 RI di lingkungan Pemrov papua yang dilaksanakan secara terbatas di Gedung Negara Jayapura. (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA)
- Upacara Peringatan HUT ke-76 RI yang bertema "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh" di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua digelar secara terbatas di Gedung Negara Dok V Jayapura, Selasa

Inspektur Upacara HUT ke-76 RI di lingkungan Pemprov Papua dipimpin secara langsung Gubernur Papua Lukas Enembe.

Sedangkan Komandan upacara adalah AKBP Victor Mackbon yang sehari-hari menjabat sebagai Wakil Direktur Reskrimsus Polda Papua.

Dari pantauan di lapangan, upacara digelar di halaman parkir Gedung Negara dan diikuti perwakilan dari TNI, Polri, Forkopimda, pelajar, BUMN, BUMD, para veteran, dan instansi terkait.

Penerapan protokol kesehatan dimulai dari penggunaan masker, menjaga jarak hingga menghindari kerumunan diutamakan dalam pelaksanaan Upacara HUT ke-76 RI di tingkat Provinsi Papua tersebut.

Bendera Merah Putih pada upacara ini akan dibawa oleh pembawa baki Gabriella Jomilena serta dikibarkan pembentang bendera Antoni Lukas Ap, pengatur tali Rivaldo Malfin Avelino Aiwui, dan pengerek Feliks Baranher Renjaan.

Pada pukul 10.00 Waktu Indonesia Timur, seluruh peserta upacara berdiri tegap sambil mendengarkan sirine detik-detik proklamasi, baik yang ada di lapangan maupun tenda-tenda VIP.

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa di Jayapura mengatakan setelah melaksanakan upacara secara langsung, maka gubernur, bupati/wali kota, dan Forkopimda akan mengikuti upacara bersama Presiden Republik Indonesia di Istana Negara secara virtual yang akan dilaksanakan pada pukul 12.00 WIT.

Gubernur minta milenial maknai kemerdekaan RI dengan baik

Gubernur Papua Lukas Enembe meminta masyarakat khususnya kaum milenial di wilayahnya untuk memaknai peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI dengan baik.

Juru Bicara Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus, di Jayapura, Selasa, mengatakan Gubernur Lukas Enembe menyampaikan apresiasinya karena upacara peringatan HUT Ke-76 RI dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

"Perjuangan untuk mencapai kemerdekaan RI bukan hal yang main-main, sehingga harus diimplementasikan dengan baik pula," katanya.

Menurut Rifai Darus, Gubernur Lukas Enembe juga memberikan apresiasinya kepada para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang seluruhnya hadir dalam upacara di Gedung Negara Jayapura.

"Kemerdekaan RI adalah sesuatu yang penting dan sakral, sehingga harus dijaga dengan baik," ujarnya.

Dia menjelaskan, Gubernur Lukas Enembe juga meminta agar pelaksanaan upacara di Gedung Negara harus menjadi pertimbangan tersendiri mengingat bukti betapa besar rasa memiliki NKRI dalam dirinya.

"Meskipun masih dalam kondisi pemulihan, namun Gubernur Lukas Enembe bersikeras memimpin secara langsung upacara HUT Ke-76 RI di Gedung Negara Jayapura," katanya lagi.

Dia menambahkan sebelum memimpin upacara HUT Ke-76 RI, Gubernur Lukas Enembe sempat diinfus oleh para tenaga medis mengingat kondisinya yang masih dalam proses pemulihan setelah mengalami sakit cukup lama. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar