Hari Ini, Proklamasi Menggema dan Bendera Merah-Putih Berkibar di Lembah Banti

Bagikan Bagikan
Upacara HUT RI ke-76 di Banti 2 Mimika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Berkenan dengan peringatan HUT RI ke-76, ucapan proklamasi menggema dan bendera Merah-Putih berkibar di lembah Banti Distrik Tembagapura Mimika, Selasa (17/8/2021).

Warga Banti pun nampak antusias mengikuti detik-detik bersejarah yang digelar bersama pemerintah Distrik, TNI dan Polri.

Pantauan Salam Papua, upacara pengibaran bendera Merah-Putih berlangsung khidmat hingga pembacaan naskah proklamasi oleh Danramil Tembagapura, Kapten CZI Helmi Kabau, yang juga selaku inspektur upacara.

Kepala Distrik Tembagapura, Thobias Yawame berlaku sebagai pembina upacara dengan tiga pengibar bendera Merah-Putih adalah anggota TNI, Polri dan anggota Brimob. Kapolsek Tembagapura diwakili Kasat Binmas Polres Mimika, Iptu Paulus Rande Ratu.

Kepala Distrik Tembagapura, Thobias Yawame mewakili masyarakatnya di 13 kampung mengaku sangat bangga lantaran bisa menggelar upacara peringati detik-detik kemerdekaan Indonesia langsung di tengah masyarakat.

Menurut dia, melaksanakan peringatan HUT RI di Banti merupakan hal yang tidak disangka. Semua itu berkat kerja sama TNI dan Polri yang ada, dan hal itu merupakan bukti bagaimana Pemerintah, TNI dan Polri hadir dan berbaur di tengah masyarakat, sehingga masyarakat merasa memiliki.

“Memang saya diundang ke Tembagapura untuk upacara bersama PT. Freeport Indonesia, tapi saya merasa kalau saya ke sana, berarti saya membiarkan masyarakat saya, sehingga masyarakat saya juga tidak bisa merasakan perayaan HUT RI ke-76 ini. Padahal kehadiran kita itu sangat penting dan bernilai di tengah masyarakat. Untuk apa saya hadir di upacara yang banyak pejabatnya kalau masyarakat saya tidak bisa merasakan arti upacara hari kemerdekaan kita sendiri,” katanya usai upacara di lapangan voli Banti 2, Selasa (17/8/2021).

Kepada masyarakatnya di 13 kampung, ia mengingatkan bahwa usia kemerdekaan RI saat ini sudah semakin tua, sehingga dibutuhkan dukungan masyarakat agar bersama-sama maju, kuat dan tangguh.

Dia mengaku terkait dengan situasi keamanan di 13 kampung khususnya di Banti 1,2 dan Opitawak sudah sangat terjamin. Tidak ada lagi ada tantangan dan pandangan bahwa di sini ada kelompok ini dan itu, karena TNI dan Polri telah ada melindungi masyarakat.

Untuk mendukung Kamtibmas, ia pun berharap agar TNI-Polri membangun Pos Kamling di setiap kampung guna mengantisipasi hal-hal kecil yang terjadi di tengah masyarakat.

“Hari ini buktinya kita bisa laksanakan HUT RI di tempat ini. Keamanan kita di sini sudah sangat terjamin oleh TNI dan Polri,” katanya.

Sedangkan Danramil Tembagapura, Kapten CZI Helmi Kabau mengatakan, merayakan peringatan HUT RI ke-76 bersama masyarakat sebagai bukti kita kepada daerah luar bahwa Banti yang dahulu zona merah saat ini telah aman. Itu semua merupakan upaya bersama seluruh komponen.

“Sekarang Banti merupakan daerah aman. Masyarakat sudah bisa bebas ke Timika untuk belanja dan yang lainnya. Intinya sekarang kita buktikan bahwa Banti adalah daerah aman,” katanya.

Usai upacara pengibaran bendera Merah-Putih, acara juga dilanjutkan dengan final pertandingan voli Putri, lomba makan kerupuk, lari karung dan bawa kelereng bagi anak-anak serta lomba goyang balon untuk remaja putri. Selain itu, juga digelar pengobatan gratis di posko kesehatan yang dilengkapi dengan layanan Dokter. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar