Hindari Opini Polarisasi Kepanitiaan PON XX dan Pesparawi XIII di Mimika (Tajuk)

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) – Pada bulan Oktober dan November 2021 mendatang, ada dua kegiatan berskala Nasional dan regional akan digelar di Kabupaten Mimika, yakni PON XX dan Pesparawi XIII se-Tanah Papua.

Dua kegiatan ini pastinya secara otomatis menjadi momentum mengeksplorasi berbagai hal positif yang terdapat di Kabupaten Mimika dan sekaligus akan membawa nama baik tanah Amungsa bumi Kamoro ini di seantero bumi Nusantara.

Untuk PON XX Papua, Menpora Zainudin Amali sudah memastikan bahwa Mimika telah siap melaksanakan kegiatan berskala Nasional ini dengan 9 cabang olahraga yang akan digelar di Mimika pada 2 Oktober sampai 15 Oktober 2021 mendatang.

Demikian juga dengan Pesparawi XIII se-Tanah Papua yang akan digelar pada 30 Oktober sampai 6 November 2021 mendatang, telah siap dilaksanakan di Kabupaten Mimika. Hingga saat ini, dari 29 Kabupaten/Kota di Provinsi Papua, sudah ada 18 Kabupaten/Kota yang telah memastikan diri untuk mengikuti kegiatan rohani berskala regional ini.

Kesiapan dan kematangan kedua kegiatan ini di Kabupaten Mimika tidak lepas dari kesolidan panitia yang selalu menaruh hati, pikiran dan tenaganya, yang pastinya berada di bawah kepemimpinan pasangan pimpinan daerah ini, yakni Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,S.E,M.H dan Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,M.M. Dimana Bupati Mimika sebagai Ketua Umum Sub PB PON XX Mimika dan Wakil Bupati Mimika sebagai Wakil Ketua Umum, sedangkan di panitia Pesparawi XIII Mimika, Bupati Mimika sebagai Penanggungjawab Pelaksanaan dan Wakil Bupati Mimika sebagai Ketua Umum panitia.

Namun yang perlu dihindari adalah upaya-upaya politik kotor dan tidak memiliki hati untuk pembangunan Kabupaten Mimika, dengan menghembuskan opini adanya polarisasi bahwa kepanitiaan PON XX di Mimika adalah milik Bupati dan kepanitiaan Pesparawi XIII di Mimika adalah milik Wakil Bupati.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Polarisasi berarti pembagian atas dua bagian atau kelompok orang yang berkepentingan, yang saling berlawanan.

Semoga hembusan opini polarisasi ini tidak ada di tanah Amungsa bumi Kamoro yang kita cintai ini. Semoga!

Namun jika ada, maka kemungkinan besar opini destruktif ini didengungkan oleh oknum-oknum atau kelompok-kelompok tertentu yang hanya mengutamakan kepentingan pribadi bagi keuntungan isi perut dan lumbung ekonominya dengan cara-cara curang serta tidak berperikemanusiaan, sehingga pastinya tidak memedulikan kepentingan orang banyak, khususnya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Mimika ini.

Jika ada opini destruktif ini, pasti yang menghembuskan dan mengumandangkannya tidak sadar atau mungkin logika berpikirnya telah dirusak materialisme, sebab bahwa sebenarnya kedua kegiatan tersebut sama-sama ber-impact pada kemaslahatan pemerintahan dan masyarakat di Kabupaten ini, termasuk menaikkan citra pasangan harmonis Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Mimika.

Bahkan secara khusus, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,S.E,M.H yang akan mendapatkan manfaat yang cukup besar atas suksesnya diselenggarakannya kedua kegiatan tersebut. Sebab, Bupati Mimika lah yang menjadi sosok satu-satunya yang akan dinilai oleh setiap orang dari setiap pelosok di Indonesia ini. Karena memang tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan dan kesuksesan suatu daerah, yang akan dinilai orang, khususnya orang-orang dari luar daerah tersebut, adalah bukan pada Wakil Bupatinya atau pada kepala-kepala OPD beserta jajarannya, tapi pastinya kepada Bupati dari daerah tersebut.

Itu artinya, jika dari kedua kegiatan akbar tersebut, di antara salah satunya ada yang tidak berhasil pelaksanaannya atau pelaksanaannya tidak sesuai ekspektasi yang diharapkan, maka pastinya akan berdampak buruk pada citra Bupati Mimika. Seperti sebuah ungkapan bijak mengatakan "ikan busuk dimulai dari kepalanya".

Masyarakat Mimika menanti dan sangat berharap ada banyak kegiatan berskala wilayah, nasional dan bahkan internasional di Kabupaten ini, agar masyarakat mendapat cipratan peningkatan ekonomi dan pengembangan peradaban.

Untuk saat ini, masyarakat Mimika sangat berharap PON XX dan Pesparawi XIII dapat sukses terlaksana di Kabupaten Mimika.

Untuk itu, sangat diharapkan keharmonisan dan kesolidan Bupati-Wakil Bupati Mimika selalu terjaga dengan baik, dan hal tersebut dapat ditransfer kepada seluruh panitia Sub PB PON XX Mimika dan panitia Pesparawi XIII se-Tanah Papua di Mimika, agar selalu bergandengan tangan, memiliki bela-rasa-suka-duka, dan memiliki sense of belonging demi suksesnya pelaksanaan dua kegiatan akbar tersebut sebagai momentum proyeksi wajah Kabupaten Mimika kepada bumi pertiwi atas kemajuan pembangunannya dan sekaligus memberi dampak konkrit bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Amolongo… Nimao Witimi

Salam! (Jiru)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar