Januari Sampai Agustus 2021, Puskesmas Pasar Sentral Timika Tangani 84 Pasien TBC

Bagikan Bagikan
Penanggung Jawab TB Puskesmas Pasar Sentral, Debi, foto bersama petugas kesehatan lainnya di Pukesmas Pasar Sentral Timika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Sejak Januari sampai Agustus 2021 pihak Puskesmas Pasar Sentral Timika menangani 84 pasien Tuberculosis (TBC).

Dari 84 pasien ini 80 orang termasuk dalam pengobatan kategori 1 atau mengonsumsi obat selama 6 bulan rutin setiap hari, dan 4 orang termasuk dalam pengobatan kategori 2 atau mengonsumsi obat selama 8 bulan secara rutin setiap hari.

“Yang masuk kategori 1 ini yang baru pertama kali terinfeksi TBC, kalau kategori 2 ini pasien TBC yang kambuh atau yang sebelumnya pernah terinfeksi sudah sembuh namun kambuh lagi,” terang Kepala Puskesmas Pasar Sentral Timika melalui Penanggungjawab TBC, Debi, saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya, Kamis (12/8/2021).

Ia menjelaskan, pasien TBC wajib ke Puskesmas setiap 3 minggu sekali untuk mengambil obat.

“Dari 84 orang ini umumnya konsumsi obat secara rutin tapi ada beberapa orang juga yang tidak rutin tapi hanya sedikit pasien yang seperti itu,” katanya.

Menurutnya, pasien TBC yang ditangani di Puskesmas Pasar Sentral rata-rata berusia 20 tahun sampai 50 tahun.

“Mereka tertular dari keluarga atau kerabatnya yang terinfeksi TBC,” ujarnya.

Dikatakan, dalam penanganan pasien TBC, petugas kesehatan selalu melakukan edukasi kepada pasien untuk komsumsi obat secara rutin serta berpola hidup bersih dan sehat, agar tidak menularkan pada orang lain dan jika sudah sembuh tidak lagi terular dan terinfeksi.

“Jadi setiap pasien TBC yang kita tangani tidak hanya kita lakukan pengobatan tapi juga edukasi dan pemberian makanan tambahan bagi pasien yang berat badannya di bawah normal,” ujarnya.

Menurutnya dari 84 pasien yang ditangani ini sebagian memang hanya TBC, namun ada juga yang terinfeksi HIV-AIDS.

Satu pasien di antaranya yang terinfeksi TBC dan HIV-AIDS meninggal pada Bulan Mei yang lalu.

“Ada beberapa yang sudah selesai program minum obat TBC, sudah sembuh dan sehat lagi. Kami pesan selalu terapkan pola hidup sehat supaya tidak kambuh,” ujarnya. (YOSEFINA) 

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar