Kepala Puskesmas Aroanop: Layanan Kesehatan di Banti Dilakukan Setiap Hari

Bagikan Bagikan
Yohanes Tsolme, S.Sos (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Kepala Puskesmas Aroanop, Yohanes Tsolme,S.Sos mengaku layanan kesehatan bagi warga 13 kampung di Distrik Tembagapura hingga saat ini lancar setiap harinya, kecuali hari Minggu.

“Kami masuk di Banti itu 10 hari setelah masyarakat sudah dipulangkan (dari Timika). Memang sebelumnya TNI dan Polri yang layani masyarakat di sana, tapi pas di bulan Februari (2021, Red) itu kami masuk juga. Sampai saat ini lancar setiap hari, kecuali hari Minggu. Hari Minggu itu tim istirahat,” kata Yohanes saat mendatangi redaksi Salam Papua di Jalan Elang, Kamis (19/8/2021).

Dijelaskan, di bulan-bulan awal, pergantian tim dilakukan setiap dua Minggu dalam sebulan. Serah terima pergantian tim juga dilaksanakan langsung di Banti. Dalam hal ini, ketika tim baru naik ke Tembagapura, maka malam harinya dilakukan serah terima dan paginya tim yang lama turun ke Timika.

“Pokoknya kalau tim baru naik, paginya langsung layani masyarakat di Banti. Tim yang lama paginya turun kembali ke Timika. Begitu terus yang kami lakukan,” jelasnya.

Dia mengaku, saat ini, selama tiga bulan berjalan tim selalu tugas penuh selama satu bulan. Berarti tim pertama bertugas selama satu bulan, kemudian tim baru naik dan bertugas selama satu bulan. Pergantian terus menerus dilakukan.

“Berarti untuk bulan Agustus ini tim baru mulai naik tanggal 29 atau 30. Berarti tim yang lama turun ke Timika tanggal 31 Agustus. Seperti itu yang selalu kami lakukan dan tidak ada putus-putusnya,” tuturnya.

Hal ini juga sebagai klarifikasi dan melengkapi pernyataan Kepala Distrik Tembagapura sebelumnya  bahwa layanan hanya satu kali dalam seminggu.

“Saya bukan menyalahkan siapapun, tapi kami hanya meluruskan saja bahwa kami dari tim kesehatan selalu ada di setiap hari,” katanya.

Ia menambahkan, untuk 13 kampung dilayani satu Puskesmas yaitu di Aroanop dibantu Pustu Baluni, Jagamin dan Opitawak.

“Untuk sementara kami belum kembali ke Aroanop karena situasi, tapi pelayanan tetap dijalankan di Banti. Mudah-mudahan setelah Agustus ini kita bisa kembali layani di Puskesmas Aroanop,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar