Maknai HUT RI Ke-76, Bupati Mimika: Tetap Jaga dan Pertahankan Kedaulatan NKRI

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,S.E,M.H menyerahkan Bendera Merah-Putih kepada Anggota Paskibra Pembawa Bendera, Maria Martha Marshanda Way, untuk dikibarkan di Lapangan Upacara Kantor Pusat Pemerintahan, SP3, Timika, Papua (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,S.E,M.H memaknai tema HUT RI ke-76 ‘Indonesia Maju, Indonesia Tumbuh’ dengan mengajak masyarakat Mimika tetap menjaga dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tetap jaga dan pertahankan kedaulatan NKRI seperti ini. Indonesia harus kuat, Indonesia harus maju. Walaupun dalam masa Pandemi Covid-19, Indonesia harus maju, pembangunan harus tetap berjalan,” kata Bupati Omaleng ketika ditemui wartawan di pelataran Kantor Pusat Pemerintahan SP3, Timika, Papua, Selasa (17/8/2021), usai upacara bendera memperingati HUT RI ke-76.

Dia mengaku senang karena perayaan HUT RI Tahun 2021 ini berlangsung meriah. Menurutnya, masyarakat Mimika antusias menyambut HUT RI ke-76.

“Saya senang karena perayaan HUT RI tahun ini meriah. Contohnya kita lihat bendera Merah-Putih berkibar di mana-mana di jalan-jalan, di gang-gang. Masyarakat antusias menyambut HUT RI,” ujarnya. 

Menurut dia, antusias yang tinggi dari masyarakat menyambut HUT RI ini menunjukan rasa memiliki dari masyarakat terhadap Bangsa Indonesia.

“Mereka mempunyai rasa memiliki sehingga perayaan HUT RI hari ini berlangsung meriah. Tadi itu luar biasa semua tamu undangan yang hadir tadi berdiri sampai selesai upacara, Ini luar biasa. Biasanya saya sendiri berdiri sampe selesai upacara sampai saya capek,” katanya sambil tertawa.

Di HUT RI ke-76 ini ia juga berharap negara bisa memberikan kado pemekaran Daerah Otonomi Baru Provinsi Papua Tengah.

“Kami di Kabupaten Mimika ini berharap pemekaran Provinsi Papua Tengah itu segera terjadi,” ungkapnya.

Pantauan Salam Papua, upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 berlangsung sekitar Pukul 09.00 WIT diikuti Forkopimda, aparat TNI-Polri, Pimpinan BUMN, BUMD, ASN dari intansi vertikal maupun instansi di lingkup Pemkab Mimika dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam upacara bendera itu Bupati Mimika bertindak sebagai Inspektur Upacara dan dikomandani oleh Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto, SH, S.IK, Pria kelahiran Samarinda, 13 Mei 1982 yang lulus dari Akademi Kepolisian pada Tahun 2010 lalu.

Sementara Teks Proklamasi dibaca oleh Wakil Ketua 1 DPRD Mimika, Alex Tsenawatme.

Kemudian yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibra, Kanit Regident Sat Lantas Polres Mimika, Ipda Haris Fahmi,S.Tr.K. Pria kelahiran Bantul 29 Desember 1995 ini lolos Akademi Kepolisian Tahun 2018.

Bertindak sebagai Komandan Pasukan 45, Ipda Herry Setia Budi, SE. Polisi yang lahir di Biak 5 September 1979 ini lulus Sekolah Inspektur Polisi Tahun 2020 dan sekarang menjabat sebagai Kasi Propam Polres Mimika.

Sementara Kompol Sarajju, SH bertindak sebagai Perwira Upacara. Sarajju yang saat ini menjabat sebagai Waka Polres Mimika, lahir di Sorong, 21 Agustus 1971, lulus sekolah Inspektur Polisi tahun 2008.

Selanjutnya bertindak sebagai pembawa bendera, Maria Martha Marshanda Way, lahir di Timika 2 Maret 2004, dari sekolah SMA Negeri 1 Mimika anak dari Matius Way dan Tuti Yakoba Marando.

Sedangkan tiga orang sebagai pengibar bendera yakni, Muhammad Qaesar Krisna, lahir di Timika 12 April 2005, anak dari  AKP Ahmad Dahlan dan Dahlia, ST, M.SI saat ini bersekolah di SMA Negeri 1 Mimika. Kemudian Teremias Pakage, lahir di Timika 6 Juni 2001 asal sekolah SMA Negeri 1, anak dari Elikius Pakage dan Anance Mote. Berikutnya, Muhammad Farid Akbar Widodo, lahir di Timika 22 Juli 2004 dari sekolah SMA Negeri 1 Mimika, anak dari  Agus Widodo dan Nina Rachmawati.

Usai upacara bendera dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang berbagai lomba yang diselenggarakan Panitia HUT RI ke-76 Pemkab Mimika. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar