Menpora Pastikan Cluster Mimika Sudah Siap Laksanakan PON XX Papua

Bagikan Bagikan
Menpora Zainudin Amali foto bersama Bupati Mimika Eltinus Omaleng di Kantor Sub PB PON Mimika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali memastikan bahwa PON XX Papua akan terlaksana sesuai jadwal yang sudah ditentukan yakni mulai 2 Oktober sampai 15 Oktober 2021.

“Kami sudah diberi informasi dan saksikan langsung bahwa pekerjaan fisik untuk Cluster Mimika itu sudah selesai 100 persen. Mimika sudah siap, jadi saya tekankan PON XX siap dilaksanakan sesuai jadwal,” ungkap Menpora saat jumpa pers di Kantor Sub PB PON XX Mimika, Sabtu (28/8/2021).

Sementara terkait keluhan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng bahwa Pemkab Mimika masih menunggu anggaran transportasi, konsumsi dan akomodasi, Menpora berpesan agar Sub PB PON XX Cluster Mimika terus berkoordinasi dengan PB PON XX Provinsi dan Pusat supaya segera ada penyelesaiannya.

 “Karena waktu sudah sangat sempit jadi harus segera diselesaikan,” kata Menpora.

Ia berharap Bupati Mimika dan pengurus Sub PB PON XX Mimika menyiapkan sumber daya yang akan mengelola setiap venue di Timika untuk 9 cabang olahraga dan 12 nomor disiplin.

Ia mengatakan, ribuan orang yang akan datang ke Mimika, sehingga pengurus dan panitia Sub PB PON Mimika agar bekerja maksimal di sisa waktu ini.

“Karena ini akan menyangkut penilaian dari masyarakat luar Papua kepada Kabupaten Mimika, tentu kita harus memberikan kesan yang baik kepada semua orang yang datang ke Mimika,” pesan Menpora.

Ia juga berharap agar masyarakat dari luar Papua jangan hanya mengenal Mimika itu ada Freeport tapi harus memberikan kesan lain seperti masyarakatnya ramah, karena baik atlet, official dan pendamping yang hadir pasti akan menceritakan kesannya di Mimika kepada masyarakat lain.

“Ini tidak bisa kita hindari, harus bisa memberi kesan bahwa pelayanan di sini akan berjalan baik. Saya kira ke depan untuk wilayah-wilayah yang ada di bagian tengah Papua harus juga menunjukkan bahwa mampu mengelola kegiatan nasional, mampu dipercaya untuk kegiatan besar,” ujarnya.

Ia pun meminta media di Mimika harus memberi rasa optimisme di tengah-tengah masyarakat dan juga para kontingen.

“Saya minta tolong ini kepada teman-teman media untuk menyampaikan bahwa kita siap, apalagi di Cluster Mimika. Itu harus disampaikan karena orang merasa ragu apakah bisa terlaksana dengan situasi pandemi seperti ini,” ujarnya.

Untuk penanganan pandemi Covid-19 di Mimika berjalan dengan baik dan ia berharap kepada media untuk menyampaikan kepada masyarakat, khususnya yang ada di sekitar tempat-tempat pelaksanaan venue maupun tempat penginapan atlet untuk supaya berbondong-bondong divaksin.

“Ini tugas kita, tugas untuk disampaikan kepada masyarakat karena bagi yang tidak divaksin tidak diperbolehkan untuk ikut di dalam kegiatan itu. Begitu juga kepada para panitia dan relawan PON dipastikan untuk semua sudah divaksin karena mereka yang akan selalu berinteraksi dengan kontingen. Ini adalah suatu perhelatan yang masyarakat juga harus menikmati,” ungkapnya.

Untuk kegiatan vaksinasi menurut Menpora di Mimika berjalan dengan baik.

“Panglima TNI dan Kapolri juga vaksin berjalan baik karena sudah keliling ke berbagai tempat dan mereka menyampaikan bahwa di Mimika sudah dapat dilaksanakan PON,” sebutnya.

Ia sekali lagi meminta kepada media untuk membangkitkan optimisme di kalangan masyarakat dan Kontingen yang akan datang dengan narasi-narasi yang positif.

“Supaya orang tidak merasa ragu, tidak merasa khawatir untuk datang ke Papua dan di Mimika untuk menyukseskan PON ini,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengaku bahwa masyarakat Mimika semangat menyukseskan PON, karena kesuksesan PON ini juga menjadi jaminan untuk terwujudnya Provinsi Papua Tengah.

“Kalau kami sukseskan berati jadi jaminan kami ke Provinsi Papua Tengah, makanya kami dukung pembangunan fisik dan lain-lain  itu pakai APBD sendiri,” ujar Omaleng. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar