Mobil Jenazah RSUD Mimika Hanya Untuk Jenazah Covid-19, Kadinkes: Itu Tidak Benar!

Bagikan Bagikan
Mobil Jenazah RSUD Mimika (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, Reynold R.Ubra mengklaim bahwa informasi yang  beredar di tengah masyarakat tidak benar terkait mobil jenazah di RSUD tidak lagi melayani masyarakat umum, tapi khusus untuk jenazah covid-19.

“Itu tidak benar,” kata Reynold yang ditemui saat memantau pelaksanaan vaksinasi di halaman Polres Mimika, Selasa (3/8/2021).

Kepada Salam Papua, Reynold menjelaskan, yang namanya rumah sakit (RS) adalah layanan kesehatan rujukan. Fungsi RS yaitu untuk memberikan pelayanan khusus pasien-pasien yang ada di RS termasuk jenazah.

Menurut dia, khusus di RSUD selama setahun terakhir, layanan dilakukan dengan pertimbangan untuk layanan kematian supaya lebih cepat kurang dari 24 jam. Selama hampir satu Minggu terakhir, langsung dari Dinkes yang membackup. Dimana, pelayanan mobil jenazah terutama yang didapati meninggal di rumah, maka evakuasinya adalah dari tim Dinkes, dalam hal ini layanan 119.

RSUD juga tidak tertutup bagi pelayanan persalinan normal. Namun, karena secara aturan persalinan normal itu harus dilakukan di Puskesmas.

“Selama ini kalau ada ibu-ibu yang hendak bersalin normal diarahkan agar ke Puskesmas. Kalau ibu-ibu datang ke RS, maka RS rujuk kembali ke Puskesmas. Itu aturan yang sebenarnya,” tuturnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar