Pembangunan Rumah Kompos di TPA Iwaka Menelan Anggaran Rp 914 Juta

Bagikan Bagikan
Rumah kompos di Iwaka (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Pembangunan rumah kompos oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kampung Iwaka, Distrik Iwaka menelan anggaran Rp 914 juta lebih.

Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021.

“Pembangunannya sudah selesai dilakukan tapi belum bisa dioperasikan karena tahun ini belum ada anggaran operasional,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, Limi Mokodompit, saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya, Senin (2/8/2021).

Menurutnya, rumah kompos ini merupakan salah satu program dari DLH untuk mengurangi sampah dengan mengolah kembali sampah rumah tangga berupa sampah organik.

Rumah kompos yang seluas 12x20 meter itu sesuai standar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bisa memproduksi pupuk kompos 1 ton dalam sehari.

“Tapi karena belum ada anggaran sehingga produksi belum bisa jalan tapi sesuai standar Kementerian 1 ton perhari. Rencananya ada lima orang yang bertugas di TPA untuk memproduksi kompos dan pupuk kompos nanti mau dikasih ke mana belum kita bahas,” ujarnya.

Secara teknis, lanjut dia, sampah organik yang akan diolah menjadi kompos akan diambil dari pemulung yang ada di sekitar TPA.

“Di sana banyak pemulung nanti kita beli dari pemulung. Di sana juga ada mesin pencacah untuk menghaluskan sampah, kemudian ada mesin ayak juga yang akan memproduksi sampai hasilnya pupuk kompos,” pungkasnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar