Pemberian Vitamin A Tahap Kedua Wilayah Puskesmas Pasar Sentral Dengan Sasaran 5.368 Bayi

Bagikan Bagikan

Suasana pelayanan di Puskesmas Pasar Sentral (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Pemberian vitamin A tahap kedua dalam Bulan Agustus ini diberikan kepada 5.368 bayi untuk wilayah Puskesmas Pasar Sentral.

Jumlah ini terdiri 877 bayi berusia 6 sampai 11 bulan dan 4.491 bayi berusia 12 bulan atau 1 tahun sampai 59 bulan atau 5 tahun.

“Bayi yang berusia 6 bulan sampai 11 bulan kita beri vitamin A warna biru dan warna merah untuk usia 12 bulan sampai 59 bulan atau 5 tahun. Vitamin A warna merah kita berikan juga kepada ibu nifas atau ibu yang baru selesai melahirkan,” ungkap Kepala Puskesmas Pasar Sentral melalui Penanggungjawab Gizi, Julia Tahitu saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya, Kamis (12/8/2021).

Julia Tahitu (Foto:SAPA/Yosefina)

Dalam pemberian vitamin A tahap kedua ini, petugas Puskesmas Pasar Sentral mendatangi  Posyandu serta TK yang ada di dalam wilayah Puskesmas tersebut.

“Yang terdata di kami baru 24 TK dalam wilayah Puskesmas Pasar Sentral. Jadi kita datangi TK, Posyandu dan juga ada orangtua yang bawa anak kunjungan ke Puskesmas belum minun vitamin A tahap kedua berarti langsung kita kasih minum,” ujarnya.

Menurut dia, untuk ibu nifas, vitamin A dikonsumsi selama dua hari. Misalkan konsumsi hari ini berarti harus konsumsi lagi besok. Pemberian vitamin A untuk ibu nifas bisa dilakukan di Puskesmas dan juga di Posyandu.

“Kalau kita ke Posyandu mendapatkak ibu nifas belum minum vitamin A langsung kita kasih minum. Ibu nifas yang kunjungan di Puskesmas dan belum minum vitamin A  atau yang melahirkan di Puskesmas setelah melahirkan langsung kita kasih minum,” ujarnya.

Ia menyebutkan manfaat pemberian Vitamin A untuk anak bayi adalah untuk mencegah buta senja atau susah melihat pada sore hari, mencegah diare dan pneomonia serta menambah daya tahan tubuh anak.

“Kalau ibu nifas manfaatnya untuk mempercepat proses pemulihan pasca persalinan dan menambah daya tahan tubuh,” sebutnya.

Dikatakan, dalam pemberian vitamin A tahap kedua pada Bulan Agustus ini sudah dimulai sejak tanggal 1 Agustus dan masih berjalan.

“Sejak tanggal 1 Agustus sampai saat ini sasarannya belum sampai 100 anak,” sebutnya.

Pemberian vitamin A pada anak bayi dilakukan dua kali dalam setahun yaitu pada Bulan Februari dan Agustus.

“Ini program nasional jadi setiap tahun kita wajib berikan vitamin A pada anak bayi usai 6 sampai 59 bulan atau 5 tahun,” terangnya.

Ia menyebutkan pemberian vitamin A tahap pertama pada Bulan Februari lalu sasarannya hampir 4.000 namun tidak tercapai semuanya.

“Jadi hanya 3 ribu sekian saja yang kita capai, mungkin karena masalah Covid-19 ini. Padahal tidak hanya Posyandu dan TK, kami juga mendatangi tempat-tempat pemukiman masyarakat tapi tidak tercapai semua sasaran kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, wilayah kerja Puskesmas Pasar Sentral pada lima kelurahan dan 1 kampung yaitu Kelurahan Pasar Sentral, Sempan, Inauga, Timika Indah dan Kelurahan Perintis serta Kampung Mandiri Jaya.

“Jadi dalam program pemberian vitamin A ini kita mobile ke 5 kelurahan dan satu kampung yang ada dalam wilayah Puskesmas Pasar Sentral,” pungkasnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar