Pemukiman Warga Kampung Kamora Terendam Banjir, Minta Perhatian Pemkab Mimika

Bagikan Bagikan
Kepala Distrik Mimika Tengah, Samuel Yogi didampingi Kepala Kampung Kamora saat meninjau pemukiman warga Kamora yang terendam banjir (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Akibat curah hujan yang tinggi, ratusan rumah warga Kampung Kamora, Distrik Mimika Tengah terendam banjir.

Kepala Kampung Kamora, Tobias Natiaipaku mengatakan, rumah warga Kampung Kamora direndam banjir sejak berapa hari yang lalu.

"Ini akibat curah hujan yang tinggi membuat air meluap ke pemukiman warga," ungkapnya kepada Salam Papua, Sabtu (21/8/2021).

Thobias mengaku, warga kesulitan untuk mencari ikan karena banjir dan luapan air terus bertambah.

"Kita berharap ada perhatian dari pemerintah Kabupaten Mimika, karena kondisi sekarang masyarakat tidak bisa beraktivitas. Kami berharap pemerintah bisa bantu kami untuk membangun penahanan atau Bronjong di pinggiran sungai dekat perumahan warga, karena memang perumahan warga sangat dekat dengan sungai," terangnya.

Thobias mengatakan, dana desa Kampung Kamora telah digunakan untuk membangun penahanan dipinggir sungai dengan panjang 100 meter dan tinggi 5 meter.

"Itu masih sangat kurang, sehingga kami berharap pemerintah melalui Dinas teknis bisa mengakomodir pembangunan penahanan sehingga masyarakat tidak terus berada di kondisi yang sama. Pokoknya setiap hujan deras pasti kami selalu terendam banjir, kalau kami punya dana desa yang cukup kami pasti akan bangun gunakan dana desa, tapi dana kami belum bisa untuk membangun penahanan," terangnya.

Dia mengungkapkan, tahun 2021 ini Kampung Kamora mengelola dana desa sebesar Rp 2 Miliar. Dana tersebut digunakan untuk membangun 5 unit rumah layak huni, pengadaan 5 unit perahu dan juga untuk BLT dana desa.

Kepala Distrik Mimika Tengah, Samuel Yogi telah meninjau dan melihat secara langsung kondisi kampung Kamora.

“Pembangunan penahanan itu kita sudah dorong di Musrenbang. Saat ini juga pembangunan jalan menuju kampung Kamora sedang dikerjakan sekitar 5 kilometer," kata Samuel.

Pembangunan jalan tersebut melalui pokok pikiran (Pokir) DPRD Kabupaten Mimika. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar